KABAR NASIONAL KARYA KEKARYAAN

SOKSI Gelar Diskusi Ekowisata Dan Kelestarian Lingkungan

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo membuka Diskusi Depinas SOKSI “Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata” di Jakarta (10/9/2019) Photo Kabargolkar.com

Kabargolkar.com – Dalam upaya juga respon kepedulian terhadap sumber daya alam (SDA) khususnya kelestarian lingkungan hidup Dewan Pimpinan Nasional  Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI), mengadakan diskusi publik ” Kelestarian Hutan dan Prospek Ekowisata di Era Revolusi Industri 4.0″ yang dihelat di Manggala Wanabhakti, Jakarta (10/9/2019)

Diskusi yang bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup tersebut juga menghadirkan beberapa pemateri yang diantaranya berkompatensi di wilayah ekonmoi ekologis maupun kelestarian lingkungan dari beberapa kementrian terkait, diantaranya Kementerian Pariwisata serta Kementerian Lingkungan Hidup.

Wakil ketua Depinas SOKSI yang juga ketua DPR RI, Bambang Soesatyo membuka Diskusi dengan pemaparan Pariwisata ditengah Industri 4.0, dimana kelagsungan ekologis dalam perkembangan pariwiata ekologi seringkali meninggalkan jejak kerusakan lingkungan hidupnya, sementara dampak ekonomisnya memang menggiurkan, dan ini menjadi tantangan bagi kita semua.

” Selama saya mengikuti perkembangan ekowisata khususnya yang mengedepankan kelestarian lingkungan sangat memprihatikan, soal dampak kerusakan ekologi didalamnya. Tugas kita semua dalam menghadapi era Industri 4.0 kelangsungan Ekowisata dengan kelastarian ekologisnya juga terawat sehingga timbulnya keseimbangan antara penghasilan ekonomi juga kelestarian alamnya”. menurut sosok yang sering disapa Bamsoet tersebut

Depinas SOKSI sendiri tentunya akan berkomitmen penuh dengan isu isu pelestarian hutan sebagai bentuk upaya kelestarian kembali wilayah hijau Indonesia, yang sudah barang tentu banyaknya kerusakan itu bermacam dari Karhutla di tengah musim kemarau ataupun ulah dari kecerobohan prilaku Manusia yang kurang menghargai sumber daya alamnya.

“Komitmen SOKSI akan kelangsungan Hutan Kita tetap lestari sudah menjadi prioritas, kita sudah punya lahan banyak dan itu sebagian diantaranya rusak, baik karena sistem yang salah dalam pengelolaan sumber daya alamnya maupun panjangnya musim kemarau yang juga berkontribusi dalam Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla),” ucap Bobby Suhardiman, ketua umum Depinas SOKSI

Sementara dalam konservasi dengan ekowisata lahan hutan, tentunya peran Masyarakat adalah modal utama, karena kelangsungannya ada disitu.

“Ekowisata adalah tujuan dalam kelestarian kawasan hijau dan hutan kita, pengalaman ini menjadi penting buat Indonesia yang dianugerahi kekayaan alam yang luar biasa bagusnya, coba berapa banyak luas lahan hutan dan lahan hijau kita yang rusak akibat pemanasan saat musim kemarau yang berdampak negatif dengan adanya Karhutla ataupun akibat ulah kesalahan manusia? Itu akan kita ubah pola berfikirnya, saatnya peran manusia buat kelestarian alam dimana hutan teramsuk didalamnya, yaitu dengan bentuk ekowisata”. Ujar kader SOKSI asal Bali AA Bagus Adhi Mahendra Putra

Diskusi Publik ini diselenggarakan bekerja sama dengan kementerian Lingkungan Hidup RI dan dihadiri oleh beberapa Narasumber dari pakar kehutan juga Pariwisata alam, serta dibuka oleh ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Angga Hariyanto)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *