KABAR KADER

Solidaritas Terhadap Alam, Ketua Golkar Jabar Akan Bela 2 Pakar Lingkungan IPB

Dedi Mulyadi, mantan Bupati Kabupaten Purwakarta dua periode ini dikenal sangat perhatian pada kelestarian Alam dan Lingkungan. Tidak salah memang kalau Daerah yang pernah dipimpinnya sangat subur dan lestari. (Photo/Detik)

Kabargolkar.com, Purwakarta – Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin Jawa Barat Dedi Mulyadi memastikan kesiapannya pasang badan untuk membela dua pakar lingkungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Bambang Hero Saharjo dan Dr Basuki Wasis yang sedang menghadapi gugatan terkait kepakaran mereka.

Bambang digugat oleh perusahaan pembakar hutan PT Jatim Jaya Perkasa (JJP), sementara Basuki digugat oleh mantan Gubernur Sulawesi Tenggara yang juga terpidana korupsi, Nur Alam.

Dedi mengaku berempati atas gugatan yang dihadapi dua pakar lingkungan tersebut. Dikatakan, Bambang dan Basuki telah menjalankan kewajibannya sebagai anak bangsa untuk menjaga alam Indonesia dari kerusakan akibat tangan-tangan jahil manusia.

Dikatakan, hutan merupakan kekayaan alam yang tidak ternilai. Keragaman hayati di dalamnya menjadi tanggung jawab setiap anak bangsa untuk menjaganya.

“Kebakaran hutan itu ada karena faktor alam dan banyak juga yang disebabkan kesengajaan manusia. Ada kepentingan ekonomi di balik peristiwa pembakaran hutan. Fenomena ini harus dilawan. Tidak boleh terjadi lagi,” kata Dedi yang kami sadur dari Suara Pembaharuan , Jumat (12/10).

Meski arus hedonis semakin gencar, Dedi bersyukur, Indonesia masih memiliki pakar-pakar berintegritas seperti Bambang dan Basuki Wasis. Mereka berdua selalu hadir dalam berbagai kasus kebakaran hutan maupun kasus pengrusakan lingkungan lainnya.

“Kita patut bersyukur masih ada dua sosok idealis. Dua ahli dan pakar di bidangnya yang gagah berani menyampaikan argumentasi di muka persidangan. Kami bersama Prof Bambang dan Dr Wasis,” tegasnya.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat tersebut berkomitmen menggalang dukungan dari para aktivis lingkungan di Indonesia. Hal ini penting karena lingkungan merupakan salah satu aspek peradaban yang harus senantiasa terjaga dengan baik.

Sementara ini, warganet sudah membubuhkan tanda tangan dalam petisi yang beredar. Terdapat sekitar 20 ribu warganet yang menandatangani petisi tersebut.

“Seluruh aktivis lingkungan di Indonesia saya yakin bersama mereka berdua. Kita galang dukungan bersama-sama,” katanya bersemangat.

Diketahui, Guru Besar bidang Perlindungan Hutan IPB, Prof Bambang Hero Saharjo digugat oleh perusahaan pembakar hutan PT Jatim Jaya Perkasa (JJP) sebesar Rp 510 miliar. Gugatan ini terjadi setelah Bambang yang dihadirkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan keterangan sebagai ahli atas perkara kebakaran hutan di atas lahan PT JJP.

Pakar IPB lainnya, Dr Basuki Wasis digugat oleh mantan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) yang juga terpidana korupsi penerbitan Izin Usaha Pertambangan (IUP) Nur Alam.

Basuki digugat untuk membayar ganti rugi lebih dari Rp 3 triliun lantaran keterangannya sebagai ahli yang menyatakan adanya kerugian negara sebesar Rp 2,7 triliun akibat IUP yang diterbitkan Nur Alam. Dengan demikian, kedua pakar lingkungan ini digugat sebesar Rp3,51 triliun. Saat ini, persidangan kedua gugatan itu sedang bergulir di Pengadilan Negeri Cibinong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *