KABAR DPD

Soroti Penataan Kota di Banjarmasin, Golkar: Perlu Diatur dengan Baik

kota Banjarmasin

kabargolkar.com – Kalangan wakil rakyat DPRD Banjarmasin melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor DPRD DKI Jakarta untuk melakukan sharing dan menggali informasi terkait perencanaan pembangunan di wilayah perkotaan, Kamis (13/9/2018).

Anggota Komisi III DPRD Banjarmasin Matnor Ali usai melaksanakan sharing mengatakan, pembangunan wilayah perkotaan di Kota Seribu Sungai memang harus disiapkan dengan perencanaan yang matang. Tidak hanya pembenahan infrastruktur saja, tingkat kesejahteraan penduduk juga perlu diperhatikan.

“Apalagi Banjarmasin merupakan pusat kota di Kalsel. Tentunya wilayah pemukiman, perdagangan dan wilayah lainnya perlu diatur dengan baik,” ujarnya kepada wartawan.

Selain itu, perencanaan wilayah perkotaan menurut politikus Partai Golkar ini, juga memiliki fungsi dalam menjaga kestabilan sosial. Karena berbeda dengan masyarakat pedesaan yang cenderung homogeny, masyarakat perkotaan terdiri atas berbagai macam kelas dan etnis.

“Perencanaan perkotaan pada dasarnya merupakan perencanaan fisik terpadu. Aspeknya sangat kompleks. Karena ini juga menyangkut aspek sosial budaya, ekonomi dan politik yang tergabung menjadi satu kesatuan wilayah fisik atau ruang kota,” jelasnya.

Terpisah, Kabag Hukum Setdako Banjarmasin Lukman Fadlun menyampaikan, pihaknya juga ikut melakukan pendampingan dari aspek hukum terkait sharing pembangunan wilayah perkotaan tersebut.

Tentunya dengan tujuan mencari formula yang baik dalam rangka menjalankan pembangunan dan otonomi daerah, khususnya di wilayah perkotaan. Sedangkan untuk teknisnya sendiri menurutnya, itu akan dilaksanakan oleh SKPD terkait.

“Kami melakukan sharing dengan daerah yang lebih dulu menerapkannya, baik dari segi perencanaan, anggaran dan regulasi penataan perkotaan. Apalagi Jakarta merupakan kiblatnya pembangunan di indonesia. Ini juga untuk menyamakan persepsi antara legislatif dan eksekutif Banjarmasin,” jelasnya.

Kunjungan kerja itu jaga dihadiri oleh anggota komisi III lainnya, yakni Mathari, Abdul Rasyid Rida, Abdul Muis, M Yamin, M Natsir, Zainal Husni, Mursyid dan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin Suprayogi.

sumber berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *