KABAR NASIONAL Kabar Pemilu KABAR PILEG

Tanpa Tampak Wajah, Golkar Kerja Keras Menangkan Caleg

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto tengah berpikir keras mencari cara untuk memenangkan para kadernya yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) mulai dari tingkat DPRD kabupaen/kota, DPRD provinsi, DPR, hingga DPD. [foto: radar malang]

Kabargolkar.com, JAKARTA – Jelang Pemilhan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presien (Pilpres) 2019, seluruh partai politik (parpol) bekerja keras memenangkan para kadernya yang akan berkontestasi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Sejatinya, parpol dapat mencalonkan para kadernya untuk melanjutkan estafet kepartaian.

Terlbih, di setiap berlangsungnya Pileg, seluruh parpol yang turut menjadi peserta pesta demokrasi ini banyak melahirkan sejumlah nama baru. Hal tersebut rupanya menjadi bahan bagi Partai Golkar untuk berpikir keras bagaimana pemilih, terutama yang bukan kader dan simpatisan, dapat mencoblos Caleg Partai Golkar pada Pemilu 2019.

Kerja keras ini perlu dilakukan karena wajah caleg tidak ditampilkan pada surat suara. Hanya dituliskan nomor urut, lambang parpol, dan nama calegnya saja, sehingga berpotensi membingungkan pemilih bukan kader dan simpatisan Golkar.

“Pada saat pencoblosan tidak ada gambar. Terutama bagi pileg. Hanya ada nama. Sehingga tentunya bagi masyarakat, ini menjadi sesuatu yang tidak sederhana kan,” ujar Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Selasa (18/12) malam.

Selain itu, tantangan lain yang menjadi sorotan adalah soal berbarengannya pencoblosan capres-cawapres dengan caleg. Airlangga mengatakan, masih ada sisa waktu empat bulan ke depan bagi partainya untuk mempertajam strategi dalam menghadapi persoalan ini.

Beberapa strategi yang sudah disiapkan, yakni tetap menggencarkan sosialisasi para caleg, baik di media konvensional semisal baliho dan sebagainya, hingga melalui media sosial.

“Kami perlu lebih awal lagi untuk memperkenalkan bukan saja wajah caleg, program caleg, tapi nama caleg. Apalagi nama caleg dengan berbagai macam titel kan enggak gampang juga memperkenalkannya,” lanjut Airlangga.

Soal pemenangan Pileg dan Pilpres sendiri, Airlangga mengatakan, partainya masih terus berkoordinasi dengan badan pemenangan di setiap provinsi.

“Evaluasi progress report pemenangan Pemilu, jadi kami mendapatkan laporan terkait kegiatan di setiap provinsi. Nah ini tentu jadi bahan. Bahan ini kami akan bawa di dalam rapat DPP besok. Besok pula, DPP akan mengadakan pelatihan untuk caleg terkait dengan strategi pemenangan,” tandas Airlangga. [kompas]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *