KABAR GOLKAR KABAR PILEG KABAR PILPRES

Target Menang Pemilu 2019, Saksi Partai Golkar Wajib Lakukan Ini

saksi

ilustrasi (net)

kabargolkar.com Memasuki 2019, tanpa terasa waktu pencoblosan akan berlangsung 100 hari lagi, pada 17 April 2019. Proses kampanye yang dilakukan semakin intens. Ketua Umum Airlangga Hartarto juga telah meminta para Caleg Golkar untuk segera merekrut para saksi. Menurut rencana, Partai Golkar akan memberikan dana bantuan dengan besaran Rp 100 ribu per orang. Dana ini tersebar bagi seluruh 805 ribu TPS yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Saksi Pemungutan Suara adalah elemen penting dalam Pemilu, baik dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres). Mereka ditunjuk oleh masing-masing peserta Pemilu (Parpol, Caleg ataupun Pilpres). Pada umumnya mendapatkan dana bantuan dari Peserta Pemilu minimal 1 orang per TPS.

Peran saksi menjadi penting karena berkaitan langsung dengan akses data valid dalam proses perhitungan suara yang sah. Selain itu, memiliki fungsi penting bila ada sengketa pemilu.

Partai Golkar memandang penting keberadaan dan kualitas para saksi. Mereka akan diberikan pembekalan untuk memahami fungsi, tugas dan kewajibannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Mereka akan terus diberi pelatihan dan pemahaman tentang politik serta kepartaian. Untuk mencapai target di Pileg 2019, Partai Golkar mewajibkan mereka untuk melakukan beberapa hal ini:

Saksi wajib mengawasi proses demokrasi di TPS

Para saksi mendapatkan tugas untuk mencermati proses demokrasi di tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu 2019 mendatang. Mereka juga harus turut memastikan tidak ada intimidasi kepada para pemilih dalam menjalankan haknya. Selain itu mengamati setiap kegiatan yang terjadi dalam TPS tersebut, mulai dari pembukaan TPS, kegiatan sebelum pemungutan suara, selama pemungutan suara, serta pada saat perhitungan suara serta setelah perhitungan suara.

Mengawal suara Partai dan Caleg Golkar

Para saksi harus menyadari bahwa 1 suara amat berharga dalam demokrasi pemilihan langsung. Jangan sampai Partai Golkar dan Calegnya yang sudah bekerja keras mendapat suara dan meraih dukungan rakyat, namun kemudian suaranya hilang akibat adanya kecurangan.

Mencegah berita hoaks 

Tugas lainnya yaitu ikut menepis informasi palsu atau hoaks. Terutama yang terkait kejadian di TPS yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini perlu menjadi perhatian mengingat banyaknya informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya di media sosial. Bila dibiarkan akan menimbulkan persepsi negatif dan kerugian bagi partai dan caleg.

Kemenangan Partai Golkar dalam Pileg 2019 nanti juga bergantung dari kerja para saksi. Mereka mendapat dukungan dari mesin partai. Dengan demikian, kualitas mereka dalam rangka pemenangan Partai Golkar di Pemilu 2019, baik daerah maupun nasional menjadi sangat penting. (kabargolkar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *