KABAR NASIONAL KABAR PILPRES

TGB Nilai Jokowi-Ma’ruf Pede di Debat Capres Pertama

Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) usai debat pilpres di Hotel Bidakara, Kamis (17/1/2019) malam. [foto: dok. Suara.com/Muhammad Yasir]

kabargolkar.com, JAKARTA – Mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) menilai pasangan Capres dan Cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin tampil lebih meyakinkan dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di debat Pilpres 2019, Kamis (17/1). TGB bahkan memuji penampilan Ma’ruf Amin yang sempat diragukan kemanpuannya oleh sebagian pihak.

“Saya pikir kita dapat kejutan bahwa Jokowi-Ma’ruf Amin semula diragukan sebagian pihak ternyata mampu tampil dengan meyakinkan,” kata TGB usai debat capres di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam.

Menurut politisi yang baru bergabung dengan Partai Golkar itu, Ma’ruf Amin yang semula banyak diragukan kemampuannya justru tampil sangat meyakinkan terutama saat membahas soal isu terorisme. Ma’ruf Amin mampu memberikan penjelasan yang lebih komprehensif soal penanganan terorisme dibanding Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno yang justru mengkaitkannya dengan isu ekonomi.

“Poin yang menarik, Ma’ruf Amin tegas menyampaikan bahwa sebab-sebab dari radikalisme itu harus didiagnosis dengan tepat kalau masalahnya pemahaman agama yang salah,” tuturnya.

“Kalau masalahnya ekonomi ada pemberdayaan. Jadi tidak semua masalah radikalisme terorisme karena masalah ekonomi sebagaimana disampaikan oleh paslon nomor 2, bahwa radikalisme karena kesulitan ekonomi,” imbuhnya.

Kemudian, Ketua Koordinator Bidang Keumatan DPP Partai Golkar itu mengatakan, selain tampil lebih mayakinkan, Jokowi juga dinilai lebih menguasai peta masalah ihwal persoalan hukum saat debat. Menurut TGB, apa yang dilakukan Jokowi bukan memulai dari nol.

“Jadi saya pikir pak Jokowi memahami peta masalah dan tidak mulai dari nol serta konsen. Beliau tegas dan komit betul bahwa penegakan hukum dari konflik interest,” pungkasnya. [suara]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *