KABAR NASIONAL

Tingkatkan Nasionalisme, Legislator Golkar Ajak Giatkan Literasi

Hetifah Sjaifudian

kabargolkar.com – Anggota MPR RI Hetifah Sjaifudian mengajak Komunitas Literasi Kalimantan Timur (Kaltim) mendalami pemahaman terhadap nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Kegiatan yang mengundang ratusan peserta terdiri dari pegiat literasi tersebut bertempat di Aula Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, Kamis (26/7/2018).

Saat memberikan ceramahnya, Hetifah menegaskan bahwa Empat Pilar MPR (Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika) harus menjadi pedoman seluruh anak bangsa Indonesia. Apalagi saat ini, bangsa Indonesia memasuki tahun politik 2018 dan 2019. Karena itu masyarakat harus memiliki kedewasaan dalam menyikapi kehidupan berdemokrasi di Indonesia.

“Kontestasi luar biasa di Pemilu tersebut sangat rentan gesekan antar anak bangsa. Yang pasti, berbeda-beda pilihan.  Pemahaman yang baik akan Empat Pilar bisa menjadi benteng dan pemersatu seluruh anak bangsa walaupun terlibat dalam kontestasi pemilu,” ujarnya.

Lanjut Wakil Ketua Komisi X DPR tersebut, Ia juga menekankan bahwa selain aktif berperan serta dalam pemilu juga harus menjadi pemilih yang pintar.  Pilihlah partai, caleg bahkan capres dan cawapres yang bersungguh-sungguh memiliki visi dan misi mempersatukan rakyat Indonesia, mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia, dan mampu membawa bangsa ini memiliki daya saing tinggi di tengah dinamika negara-negara lain di dunia.

“Ada hal yang sangat luar biasa di Kalimantan Timur ini. Masyarakat yang majemuk karena berasal dari berbagai daerah yang kemudian berdomisili di Kaltim, mencerminkan keberagaman Indonesia. Sebab semua berasal dari beragam suku, agama, ras dan golongan, dan bisa menyatu membuat acara tentang kebangsaan dan cinta pada tanah air. Inilah potret sesungguhnya Indonesia,” terang Hetifah.

Harapan dia, dengan melihat fakta bahwa dengan begitu mudahnya keberagaman menyatu di Indonesia. Hal itu memberikan harapan besar bagi bangsa Indonesia ke depan karena memiliki kekuatan rakyat yang mampu menyelesaikan berbagai permasalahan bangsa.

“Bahwa Keindonesiaan yang menghormati perbedaan, harus diaktualisasikan walaupun dari lingkup terkecil. Di antaranya memulai dengan kehidupan keseharian yang mengaktualisasikan toleransi secara riil maupun menghormati perbedaan yang ada. Dengan begitu kita tidak akan khawatir ancaman perpecahan di Indonesia. Semoga dengan Sosialisasi Empat Pilar yang terus digelar dapat berdampak lebih baik untuk masyarakat Indonesia,” papar Hetifah.

sumber berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *