KABAR DPD KABAR NASIONAL Kabar Pemilu

Tren Elektabilitas Khofifah Terus Menguat

Litbang Kompas merilis survei terbaru soal elektabiltias pasangan calon gubernur Jawa Timur. Hasilnya, elektabilitas pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul di empat dari enam zonasi wilayah. Dalam survei, Khofifah-Emil unggul 44,5 persen. Kemudian dari enam zona pemilih unggul di empat wilayah. Hal itu menunjukkan tren elektabilitas pasangan nomor satu tersebut meningkat.

Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair) Fahrul Razziqi mengamati bahwa tren elektabiltas Khofifah-Emil dinilai naik dan berpotensi unggul. “Kalau sedari awal justru Gus Ipul, Bu Khofifah potensi naik sudah relatif. Bu Khofifah potensi terus naiknya sangat besar. Itu perlu dipertahankan kalau bisa ditingkatkan,” katanya kepada wartawan, Senin (12/3).

Menurut Fahrul, Khoffiah bisa menggenjot elektabilitas dengan memaksimalkan suara dari pendukung Emil. Bupati Trenggalek non aktif itu dinilai sebagai pasangan yang tepat untuk mendulang suara di sejumlah wilayah. “Sekarang yang perlu digenjot wakil dari pasangan calon. Celah itu bisa dimanfaatkan Pak Emil untuk memaksimalkan elektabilitasnya,” jelasnya.

Diketahui, penelitian Litbang Kompas baru-baru ini menyebut partai pengusung Khofifah-Emil sangat mempengaruhi pilihan. Dari hasil survei menyebutkan PAN sebesar 78,6 persen, Partai Hanura 66,7 persen, Partai Golkar 44,7 persen, Partai Demokrat 41,4 persen, Partai Nasdem 38,5 persen, PPP 33,3 persen. Sementara, pasangan Ipul-Puti dari Partai Gerindra 57,7 persen, PKB 47,5 persen, PDIP 45,5 persen, PKS 36,4 persen.{kantorberitapemilu}

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *