KABAR NASIONAL

Wacana Hidupkan Kembali GBHN, Airlangga: Golkar Masih Kaji Lebih Dalam

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Beritasatu Photo/Herman)

kabargolkar.com, JAKARTA – Partai Golkar (PG) masih mengkaji wacana menghidupkan kembali GBHN. Golkar masih mempelajari dan menelaah urgensi menghidupkan kembali haluan negara tersebut.

“Kami masih ingin kaji lebih dalam lagi,” kata Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar (PG) Airlangga Hartarto dalam dialog interaktif di gedung DPD, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Dialog itu kerja sama dengan Beritasatu‎ Media Holding dan DPD RI. Dialog mengambil tema “Refleksi Akhir Masa Jabatan Anggota MPR, DPR dan DPD periode 2014-2019”. Selain Airlangga, tampil sebagai pembicara Ketua DPD yang sekaligus Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) dan Siswono Yudo Husodo yang mewakili Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Airlangga menjelaskan wacana menghidupkan kembali GBHN harus dipikirkan dalam sistem bikameral yang ada saat ini. Apakah menghidupkan GBHN memang cocok dalam sistem dua kamar (bikameral) parlemen seperti saat ini. Pasalnya, GBHN dibentuk pada zaman Orde Baru, belum ada DPD RI.

Dia menegaskan saat ini, masih ada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) yang berlaku hingga 2024. Setelah itu, partai politik (Parpol) bisa membuat yang baru.

“Perkara nanti itu (RPJM) sebagai haluan, bergantung pada DPR,” tegasnya. (beritasatu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *