KABAR DPD KABAR NASIONAL

Wajib Bayar PBB, ASN Harus Jadi Panutan Masyarakat

Ilustrasi, salah seorang warga memperlihatkan berkas bukti telah membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). [foto: antara]

Kabargolkar.com, SINJAI – Aparatur Sipil Negara (ASN) sejatinya menjadi panutan bagi rakyat dalam menunnaikan kewajiban membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Hal ini ditegaskan Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong saat memimpin Rapat Evaluasi PBB Tahun 2018 di Ruang Pola Kantor Bupati, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (13/12).

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, ketaatan ASN dalam memabayar PBB jika perlu dibuatkan surat edaran agar ASN menjadi contoh bagi masyarakat Kabupaten Sinjai.

“Khusus wajib pajak yang berada di luar wilayah Sinjai, diupayakan dihubungi atau si pengelola lahan untuk melunasi kewajibannya pada rapat evaluasi PBB ini,” ujarnya.

Dalam arahannya, Andi Kartini berharap pencapaian penerimaan PBB harus lebih baik, sehingga diperlukan kerja yang kreatif, inovatif dalam mendongkrak penerimaan PBB.

Sementara, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Lukman Fattah menjelaskan, prosentasi pencapaian PBB hingga 30 Nopember 2018 melonjak sebesar Rp.4.269.874.994,- atau 92,6% dari Rp.4.613.369.581,- PBB Terhutang.

“Ada beberapa masalah yang dihadapi para kolektor ditingkat desa/kelurahan, antara lain pemilik atau wajib pajak ada yang tinggal di luar wilayah/kabupaten, ada yang dikontrakkan maupun tidak, dan beberapa perumahan/BTN belum diketahui pemiliknya bahkan banyak ASN belum membayar PBB,” ungkap Lukman.

Lukman mengatakan, Camat Buloppodo, Hariyani Rasyid, merupakan ASN sebagai wilayah tercepat tiga tahun berturut-turut menyelesaikan PBB dan diberi kesempatan menyampikan kiat-kiatnya. [suarajelata]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *