KABAR KADER

Wamendag Jerry Sambuaga: Ciputra Adalah Teladan Bagi Pengusaha Indonesia

Chairman Ciputra Group, Ciputra menyampaikan paparan saat menerima kunjungan Tim Bisnis Indonesia, di kediamannya di Jakarta, Senin (14/8). Dalam kesempatan itu Ciputra menyampaikan paparan mengenai filosofi Ciputra Way. – JIBI/Dwi Prasetya

kabargolkar.com, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan belasungkawa atas wafatnya Begawan properti Dr. (HC) Ir. Ciputra yang selama ini sudah banyak memberikan kontribusi bagi bangsa Indonesia, tidak hanya dalam hal industri properti tetapi juga penciptaan lapangan kerja.

“Turut berduka cita untuk keluarga besar Pak Ciputra. Semoga keluarga diberikan ketabahan dan kekuatan. Beliau adalah pengusaha yang sukses. Tokoh yang memberikan banyak kontribusi untuk bangsa Indonesia, baik dari penciptaan lapangan kerja, menciptakan sektor industri, macam-macam ya [kontribusinya],” katanya ketika ditemui oleh awak media di kantornya pada Rabu (27/11/2019).

Putra dari anggota DPR dan mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman Indonesia pada era Kabinet Reformasi Pembangunan Theo L. Sambuaga itu menyebut Ciputra sebagai teladan bagi para pengusaha di Indonesia. Dia berharap para pengusaha di Indonesia bisa meneladani dan mengikuti jejaknya dalam mengembangkan usahanya masing-masing.

“Apa yang sudah diperbuat oleh beliau tentunya dapat dijadikan salah satu contoh buat para pengusaha yang lain untuk bisa mengembangkan usahanya dan tentunya berkarya. Karena yang paling penting kan berkarya dan memberikan kontribusi untuk Indonesia,” ujar Jerry.

Ciputra menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 88 tahun di Gleneagles Hospital, Singapura pada Rabu (27/11/2019) dini hari sekitar pukul 01.05 waktu setempat.

Menurut rencana, Pak Ci, begitu biasa disapa, akan dimakamkan di Tanah Air. Adapun, jadwal pemakaman akan diberitahukan lebih lanjut setelah jenazah tiba di Jakarta.

Pak Ci lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931. Dia adalah seorang insinyur dan pengusaha properti di Indonesia.

Selain terkenal sebagai pengusaha properti yang sukses dengan kelompok usaha antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group, dia juga dikenal sebagai pendiri dan pencetus Taman Impian Jaya Ancol, Bumi Serpong Damai, Pondok Indah, dan Bintaro.

Kemudian dia juga dikenal sebagai seorang filantropi dan berkiprah di bidang pendidikan dengan mengembangkan sekolah dan Universitas Ciputra, pendiri Universitas Pembangunan Jaya dan penggerak Universitas Tarumanegara. [bisnis]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *