KABAR DPD KABAR PILEG

Wirendra Tjakrawerdaja Upayakan Peningkatan SDM Petani Banyumas

kabargolkar.com

Wirendra Tjakrawardaja, Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah 8, bertemu petani di Desa Karanganyar, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas – Jawa Tengah, Jumat (15/2/2019) (kabargolkar.com)

kabargolkar.com, BANYUMAS – Melihat kondisi petani saat ini yang sangat konsumtif kepada pupuk kimia dan pestisida menggerakkan pemikiran dan hati Wirendra Tjakrawerdaja. Wirendra adalah salah seorang Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah 8. Dirinya hadir menemui petani, mengajak mereka agar mau mengikuti pelatihan dan penyuluhan agar SDM petani bisa meningkat dalam hal kesuburan tanah dan membuat Pupuk Hayati Majemuk.

Pelatihan dan penyuluhan dilakukan di Desa Karanganyar, Kecamatan Jatilawang, Kabupaten Banyumas – Jawa Tengah pada hari Jumat, tanggal 15 Pebruari 2019. Bertindak sebagai penyuluh adalah Tonny Saritua Purba aktivis Praja Muda Beringin. Dirinya juga sebagai kader Golkar alumni IPB Bogor dan berprofesi sebagai Penyuluh Swadaya Petani Padi Indonesia.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat Pupuk Hayati tersebut sangat mudah dicari, ada di sekitar petani, seperti bonggol pisang 1kg, air cucian beras 2 liter dan gula merah 2 ons. Cara pembuatannya adalah bonggol pisang dibersihkan, diris-iris, ditumbuk sampai halus. Air cucian beras dimasukkan ke dalam ember dicampur merata dengan gula merah. Setelah air cucian beras sudah tercampur merata dengan gula merah, selanjutnya bonggol pisang yang sudah ditumbuk halus dicampur dengan air cucian beras dan gula merah, diaduk dan ditutup dengann plastik bening. Fermentasi dilakukan selama 15 hari agar sumber bakteri yang ada di dalam bonggol pisang bisa berkembang biak, bakteri membutuhkan karbohidrat yang diambil dari air cucian beras dan energi dari gula merah.

Pupuk Hayati Majemuk mengandung agen hayati yang sangat dibutuhkan tanah untuk menyuburkan dan kelestarian kesuburan tanah. Dampak diharapkan dari pelatihan dan penyuluhan ini adalah bahwa Partai Golkar hingga saat ini tetap peduli dengan petani dan semoga hasil pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan petani dalam hal menyuburkan tanah, mampu membuat pupuk sendiri tanpa adanya ketergantungan dari petani, hasil panen lebih sehat jika dikonsumsi oleh manusia, modal bertani jauh lebih murah sehingga kesejahteraan petani bisa meningkat.

Mas Wirendra Tjakrawardaja sebagai Caleg DPR RI Dapil Jawa Tengah 8 sangat memperhatikan masalah SDM dan kesejahteraan petani bukan hanya di Dapilnya tapi juga untuk petani di NKRI. Program pemberdayaan akan menjadi program unggulan jika kelak dipercaya oleh masyarakat duduk di Senayan. Masalah pangan adalah masalah hidup mati sebuah bangsa. (kontributor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *