KABAR DPD KARYA KEKARYAAN

Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional, Ini Pesan Ketua DPP AMPI ke Millenial

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPP AMPI) Dito Ariotedjo melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII di Desa Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasamosir (Tobasa), Minggu, 10 Februari 2019. [foto: instagram]

kabargolkar.com, TOBASA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (DPP AMPI) Dito Ariotedjo melakukan ziarah ke makam pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII di Desa Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Tobasamosir (Tobasa), Minggu, 10 Februari 2019.

Dalam kunjungan ziarah ini, Dito didampingi Ketua DPD Ampi sumut David Luther Lubis, Sekretaris Swandi Napitupulu, Ketua DPD Tobasa Patuan Pardede dan Sekretaris Buala Napitupulu serta sejumlah pengurus lainnya.

Saat tiba dikomplek makam, Dito dan rombongan disambut oleh Amang Sinambela yang merupakan keluarga dekat keturunan Raja Sisingamangaraja XII tersebut.

Di lokasi makam, Ketua DPP AMPI beserta rombongan sambil melepaskan alas kaki dan mengenakan ulos langsung meletakkan krans bunga di Makam pahlawan nasional raja sisingamangaraja XII dan melakukan doa.

Usai Melakukan ziarah dan berdoa dimakam tersebut, Dito mengatakan seraya mengajak para pemuda indonesia khususnya pemuda sumatera utara untuk dapat mensyukuri, menghormati dan meneladani perjuangan pahlawan sisingamangaraja yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

“Sebagai bangsa yang besar, kita harus tau menghargai jasa jasa para pahlawan kita,” ujar dito.

Ajakan yang sama juga disampaikan oleh Ketua DPD AMPI Sumut David Luther Lubis.

“Sebagai pemuda, penerus perjuangan para pahlawan, kita harus menghormati jasa jasa atas perjuangan beliau di tanah Sumatera ini, khususnya di tanah Batak ini. Dengan melakukan Ziarah ini diharapkan akan timbul energi baru, sehingga bisa memiliki semangat keteladanan untuk berkarya membangun sumut lebih baik lagi,” jelasnya.

Perlu diketahui, pahlawan nasional Raja Sisingamangaraja XII lahir di Bakara Tapanuli utara 18 Februari 1845, dikenal karena keberanian dan kesaktiannya pada saat melawan penjajahan belanda demi memperjuangkan kemerdekaan indonesia.

Beliau gugur pada 17 Juni 1907 bersama putranya patuan nagari dan patuan anggi yang juga dimakamkan bersebelahan dengan Raja Sisingamangaraja. Diangkat pemerintah indonesia sebagai pahlawan nasional sejak 9 November 1961. [Mitrapol]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *