01 Juni 2020
Baladhika Karya Jatim Siap All Out Bantu Penuntasan Covid-19
  Nyoman Suardhika
  18 Mei 2020
  • Share :
Credit Gambar / Istimewa

Kabargolkar.com - Pandemi Covid-19 (Corona) yang membuat banyak masyarakat Jawa Timur terpuruk terutama saat menghadapi lebaran seperti sekarang, direspon Baladhika Karya Jatim untuk segera turun tangan. Ormas yang ikut adil mendirikan Partai Golkar ini bereaksi cepat dengan membagikan beragam bantuan sembako dan takjil ke berbagai kalangan.

Menurut Ketua Baladhika Karya Jatim, Sumardi SH MH, kepekaan sosial ormas berseragam loreng yang dipimpinnya itu terasa diuji, saat menghadapi banyak masyarakat sekitar yang semakin menderita seperti sekarang. "Sebetulnya kami sudah beberapa kali menggelar aksi bagi-bagi sembako, hari ini memang puncaknya," ujarnya, Senin (18/5/2020).

Sepanjang hari Senin ini, Baladhika Karya Jatim keliling ke berbagai panti asuhan di Sidoarjo dan Surabaya untuk membagikan beras dan masker. Sore harinya saat menjelang buka puasa, sekitar 50 personil yang mengenakan seragam kebesarannya itu membagi-bagikan 500 paket makanan berbuka puasa pada pengguna jalan yang melintas di depan Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Tiga diantara panti asuhan (PA) yang mereka sasar untuk membagikan 6 kuintal beras itu masing-masing PA Graha Yatim Dhuafa Surabaya, PA Al-Jihad Surabaya dan PA Ulin Nuha Sidoarjo. Momen ini sekaligus untuk menularkan semangat berbagi dan mengasah kepekaaan sosial kepada ormas-ormas yang lain.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menyayangkan bila ada ormas yang berulah dengan meminta-minta sumbangan, kepada pengusaha-pengusaha saat menjelang lebaran seperti sekarang. Selain tidak etis, kata dia, tindakan itu dinilai kelewatan, karena sebagian besar pelaku usaha juga sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir.

Pihaknya memastikan, ormas yang dipimpinnya akan selalu bertindak sesuai jalur hukum. Sumardi bahkan memastikan siap memberi sanksi tegas bila ada anggotanya yang berani mencoba berulah membuat susah rakyat seperti itu.

Seperti diketahui, Baladhika Karya di Jatim kembali berkiprah setelah beberapa tahun vakum. Di bawah nahkoda Sumardi, kehadiran ormas yang 40 persen anggotanya berlatar belakang pengacara ini semakin dirasakan masyarakat.

Selain berbagi sembako, Baladhika Karya Jawa Timur juga sudah menawarkan sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya, untuk bergabung dengan Gugus Tugas Jatim. Mereka menyatakan siap ditugaskan di bidang manapun agar bisa kut berperan menekan penyebaran virus asal Wuhan tersebut.

Menurutnya, ormas yang memiliki kader merata di seluruh kab/kota ini siap dikerahkan sewaktu-waktu bila dibutuhkan Gugus Tugas Covid-19. Termasuk di bagian dapur umum yang memang membutuhkan banyak tenaga untuk menyediakan makanan masyarakat yang terdampak.

Mereka juga siap membantu melakukan pendataan di tingkat RT/RW tentang para warga yang terdampak. "Lewat misi ini, kami berharap semua pihak untuk bahu membahu membantu pemerintah untuk menuntaskan Corona," ujarnya didampingi Sekretaris Baladhika Karya Jatim, Ahmad Sodiq. (SK)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.