Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Zainudin Amali Hadiri Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa Menteri BUMN Erick Thohir
  Nyoman Suardhika   04 Maret 2023
Gredit Photo / Kemenpora

Kabargolkar.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Prof Dr Zainudin Amali, S.E., M.Si menghadiri penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa (Dr HC) kepada Menteri BUMN Erick Thohir, B.A., M.B.A., di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, Jumat (3/3) pagi.

Dalam orasi ilmiah yang berjudul "Eternitas Transformasi BUMN: Strategi Terobosan Untuk Kebangkitan Ekonomi Indonesia Baru", menegaskan bahwa, Indonesia di tengah globalisasi perlu membuat ekosistem tersendiri yaitu globalisasi ala Indonesia.

"Kebijakan ekonomi Indonesia di era globalisasi terkini haruslah menjadi kebijakan globalisasi yang beyond globalization, yaitu globalisasi ala Indonesia," tegas Promovendus Erick Thohir.

Transformasi BUMN harus kembali kepada hakikat BUMN yang diamanatkan oleh Konstitusi UUD 1945, dengan menjalankan fungsi vital sebagai benteng dan lokomotif ekonomi nasional. Yang terpenting lagi dengan transformasi itu dunia menjadi tahu betapa potensi besar yang dimiliki negeri berjuluk zamrud khatulistiwa ini.

"Dunia perlu tahu lebih banyak hal baik tentang Indonesia, dimulai dari membangun nation branding, salah satunya melalui BUMN yang bertransformasi baik," tambahnya. 

Lebih lanjut, secara manajemen strategi membangun Indonesia dapat melalui tiga langkah, yaitu membangun nation branding, menumbuhkan kebanggaan nasional, dan menggerakkan ekonomi Indonesia. "Kita perlu membangun nation branding, yaitu membawa wajah Indonesia lebih terhormat di mata dunia.

Menjadi kebanggaan dengan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air dan membangun rasa percaya diri menghadapi persaingan global, serta menggerakkan ekonomi, sehingga negara kuat menjadi motor penggerak ekonomi seluruh lapisan masyarakat," paparnya.

Selesai menyampaikan orasinya, berdasarkan penilaian Tim Promotor yang dipimpin oleh Prof Dr Armanu, S.E., M.Sc. dengan menitikberatkan pada terapan ilmu Manajemen Strategi, ilmu pengetahuan, dan kontribusi Orasi Ilmiah, apa yang disampaikan dinilai sangat layak. 

Oleh karenanya berdasarkan SK Rektor UB No 21 Tahun 2023 yang ditandatangani oleh Prof Widodo, S.Si., M.SI., Ph.D.Med.Sc. yang bersangkutan Promovendus Erick Thohir, B.A., M.B.A., berhak menyandang gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa yang disingkat Dr (HC) dalam bidang Manajemen Strategi. 

Selain Menpora Amali yang juga sebagai Guru Besar Unnes Semarang, hadir beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM), diantaranya Menkopolhukam Mahfud MD, MenPUPR Basuki Hadimuljono, MenPANRB Abdullah Azwar Anas, serta dua Wamen BUMN Pahala Nugraha Mansury dan Kartika Wirjoatmodjo.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.