Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Legislator Golkar Sentil Baim Wong Soal Pendaftaran Merk Citayam Fashion Week
  Nyoman Suardhika   26 Juli 2022
Credit Photo / Sosial

Kabargolkar.com - Baim Wong melalui perusahaan PT Tiger Wong mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Wakil Ketua Komisi X Fraksi Golkar Hetifah Sjaifudian menilai Baim Wong membatasi ruang berekspresi.

"(Baim Wong) Cukup membatasi (ruang berekspresi). Karena dengan adanya HAKI, maka penggunaan video online tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan, dan sebagainya," ujar Hetifah kepada wartawan, Kamis (25/7/2022).

Hetifah menilai banyak brand tak ternama yang turut 'kecipratan' dengan adanya fenomena Citayam Fashion Week. Banyak brand lokal, jelas Hetifah, yang menjadikan Cirayam Fashion Week sebagai ajang promosi.

"Dengan adanya HAKI yang dimiliki secara sepihak oleh PT Tiger Wong, maka para brand-brand lokal ini menjadi terbatas untuk mengembangkan bisnisnya," lanjut Hetifah.

Hetifah menyayangkan aksi Baim Wong tersebut. Citayam Fashion Week, sambung Hetifah, merupakan ide yang tumbuh di publik dan juga menggunakan fasilitas publik.

"Biarkan saja tumbuh dan berinovasi sesuai persepsi publik," tutur Hetifah.

Hetifah meminta Baim Wong mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week.

"Saya rasa memang tidak perlu dilanjutkan. Adapun jika alasannya dibutuhkan sebuah wadah legal, sebenarnya lebih patut jika Dispar DKI Jakarta yang memayungi, bukan perusahaan komersil," ujar Hetifah.


Penjelasan Baim Wong

Sebelumnya, diketahui bahwa permohonan PT Tiger Wong tersebut teregistrasi dengan nomor JID2022052181. Permohonan itu diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022.


Citayam Fashion Week yang diajukan PT Tiger Wong diterima pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181. Citayam Fashion Week, dalam permohonan perusahaan Baim Wong, disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Citayam Fashion Week, yang didaftarkan perusahaan Baim Wong, juga akan menjadi layanan penyedia video online yang tidak dapat diunduh di bidang mode, organisasi peragaan busana untuk tujuan hiburan, pelaksanaan pameran, peragaan busana, dan pameran kebudayaan untuk tujuan hiburan.

Selain PT Tiger Wong, seseorang yang bernama Indigo Aditya Nugrho mendaftarkan Citayam Fashion Week ke Kemenkumham. Permohonan itu tertera dengan nomor JID2022052496.

"Citayam Fashion Week ini bukan milik saya. Ini milik mereka semua, ini milik Indonesia. Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion Week sebagai ajang untuk membuat tren ini menjadi wadah yang legal dan nggak musiman. Dan yang paling penting bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia," ujar Baim Wong melalui Instagram pribadinya, Senin (25/7/2022).


Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.