28 Oktober 2020
Resmi Terbentuk, Banyak Kader Muda Jadi Pengurus DPD Golkar Cilacap
  Bambang Soetiono
  29 September 2020
  • Share :
Ketua DPD Partai Golkar Cilacap (tengah) didampingi Wakil Ketua Bidang Komunikasi, Media dan Penggalangan Opini dan Sekretaris usai pendidikan politik dan penyerahan SK hasil Musda. (Foto: Ist/banyumasekspres)

kabargolkar.com, CILACAP – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Jawa Tengah mengesahkan komposisi dan personalia DPD Partai Golkar Cilacap masa bakti 2020-2025 hasil Musyawarah Daerah (Musda)X, pada 22 Agustus lalu. Musda secara aklamasi memutuskan Sindy Sakir sebagai ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap.

Pengesahan kepengurusan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan (SK) DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah Nomor : KEP-18/GOLKAR/I/IX/2020 tentang Pengesahan Komposisi dan Personalia DPD Kabupaten Cilacap masa bakti 2020 – 2025. SK tersebut ditandatangani Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Tengah Panggah Susanto di Semarang, 9 September 2020.

Dalam kepengurusan tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap dijabat Sindy Sakir, Ketua Harian diisi Nasun, Sekretaris dijabat Mitra Patriasmoro dan Bendahara dipegang Helmi Busthomi. Susunan kepengurusan yang lain diantaranya ada 11 unsur wakil ketua yang membidangi, 11 wakil sekretaris dan bidang-bidang, 11 wakil bendahara dan bagian-bagian. Jumlah keseluruhan pengurus ada 59 orang. Sementara Dewan Pertimbangan dipercayakan kepada Tri Wibowo dengan Sekretaris Toto Yuli Santoso.

Target Menangkan Pilkada dan Legislatif

Ketua DPD Partai Golkar Cilacap Sindy Sakir melalui Wakil Ketua Bidang Komunikasi, Media dan Penggalangan Opini, Ekanto Wahyuning Santoso mengatakan, setelah kepengurusan terbentuk, kegiatan yang pertama dilakukan adalah mengumpulkan seluruh pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Cilacap pada 19 September 2020 lalu.

“Kegiatan yang pertama adalah pendidikan politik terhadap seluruh pengurus periode 2020-2025, sekaligus penyerahan SK hasil Musda X,” kata Ekanto kepada Banyumas Ekspres, Jumat (25/9) minggu lalu.

Dijelaskan, pendidikan politik sangat penting karena itu dasar bagi seluruh pengurus untuk tahu persis bagaimana tentang Partai Golkar saat ini. Karena periode ini banyak kader-kader muda yang masuk dalam jajaran kepengurusan 2020-2025, meski ada beberapa persen pengurus senior yang terlibat didalamnya untuk melakukan pengawalan.

“Mereka mendapat materi pendidikan politik dari sejumlah narasumber diantaranya Ketua Dewan Pertimbangan pak Tri Wibowo, kemudian anggota DPR RI Tetti Rohatiningsih,” jelasnya.

Terkait dengan banyaknya kader-kader muda yang masuk dalam jajaran kepengurusan periode ini, Ekanto menegaskan, karena mau tidak mau kedepan Golkar harus ada regenerasi.

“Dan sekarang sudah dimulai di DPD Partai Golkar Cilacap dengan Ketua yang relatif masih muda. Ditambah gerbong yang dibawa Ketua DPD Partai Golkar Cilacap merupakan kalangan milenial,” bebernya.

Menurutnya, kaderisasi dengan menggaet kalangan muda atau milenial sebagai kader pejuang partai ini mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga tingkat bawah di tingkat pedesaan.

“Artinya, kami ingin menghilangkan image bahwa Golkar adalah partainya orang tua. Kita akan menghilangkan itu. Kedepan kita akan melakukan kegiatan-kegiatan yang mendorong agar kaum muda tertarik terhadap partai Golkar. Kita akan melakukan pendekatan kepada kader-kader muda yang masih dibangku sekolah, kuliah maupun yang sudah bekerja namun tertarik dengan dunia politik,” ujarnya.

Disinggung mengenai target yang diberikan kepada pengurus yang baru, Ekanto mengatakan, targetnya adalah menambah satu kursi setiap daerah pemilihan (Dapil) dalam pemilu legislatif mendatang.

“Sementara dalam Pilkada Cilacap, kita harus mempertahankan kemenangan. Karena dua periode ini kita telah mengusung Bupati dan Wakil Bupati berhasil menang. Periode ketiga, harapan kita dengan figur yang lain akan memaksimalkan diri untuk memenangkan Pilkada yang akan datang dengan cara apapun. Tentunya dengan cara baik dan elegan,” tandasnya.

Menurutnya, harapan masyarakat Golkar (konstituen) yang diusung Golkar pada Pilkada Cilacap mendatang adalah kader utama partai.

“Mendorong kader utama partai yang berasal dari struktural untuk menjadi salah satu calon Bupati atau wakil Bupati pada Pilkada Cilacap mendatang,” ujarnya.

Dia menambahkan, usai melakukan pendidikan politik langkah berikutnya kepengurusan DPD Partai Golkar Cilacap adalah silaturahmi dengan Forkopimda Cilacap.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.