08 April 2020
Golkar DKI Minta DPRD dan Pemprov Segera Bahas Anggaran Penanganan Corona
  Bambang Soetiono
  26 Maret 2020
  • Share :
Kantor Golkar DKI Jakarta

kabargolkar.com, JAKARTA - Partai Golkar DKI Jakarta meminta agar ada rapat bersama antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan DPRD DKI Jakarta membahas anggaran penanganan virus Corona (COVID-19). Anggaran penanganan itu diharapkan bisa segera dianggarkan dan digunakan.

"Saya akan mintakan pimpinan Dewan segera menjadwalkan rapat-rapat komisi dan badan bersama eksekutif, tentu dengan mengedepankan physical distancing dan protokol kesehatan untuk membahas relokasi anggaran terkait pencegahan COVID-19 dan kesulitan-kesulitan ekonomi yang saat ini dihadapi oleh masyarakat," ucap Sekretaris Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Judistira Hermawan saat dihubungi, Kamis (26/3/2020).

Menurut Judistira, rapat pembahasan anggaran merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) sehingga ada kejelasan anggaran untuk penanganan virus Corona.

"Ya, sesuai arahan Presiden, pemerintah daerah dalam hal ini gubernur dan DPRD wajib membahas relokasi anggaran yang mengutamakan pencegahan COVID-19," ujar Judistira.

Pembahasan bukan cuma soal alokasi anggaran, tapi juga dampak ekonomi. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial.

"Dan juga dampak yang diakibatkannya. Termasuk dampak kesulitan ekonomi, paling tidak bagi 1,1 juta jiwa warga DKI Jakarta yang berpenghasilan rendah berbasis harian, ini kan harus dipikirkan, pemerintah harus hadir mencarikan solusinya," ucap Judistira.

Diketahui, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono menyebut Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan biaya tidak terduga (BTT) dalam APBD 2020 senilai Rp 183 miliar untuk penanganan Corona. Namun dana tersebut dirasa masih kurang dan perlu pengalihan dari alokasi anggaran untuk penanganan Corona.

"Kalau turuti kebutuhan (penanganan) kurang. Paling juga buat (kegiatan penanganan) yang lain nggak kebagian, yang bantuan, seperti BLT (bantuan langsung tunai) yang terdampak Corona," kata Mujiyono, saat dihubungi, Senin (23/3).

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.