Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Menko Airlangga Dorong Digitalisasi UMKM
  Bambang Soetiono   09 Juli 2020
Menko Airlangga. (Foto: Tebe/Humas Ekon)

kabargolkar.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengimbau pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa memanfaatkan digitalisasi dalam menjalankan usahanya.

Airlangga melihat, terlebih di masa pandemi Covid-19 dan pasca pandemi, pola transaksi ekonomi akan lebih banyak menggunakan online dibandingkan offline. "Kita berharap pelaku usaha, terutama UMKM, yang tadinya offline, bisa menjadi online. Sebagaimana kita ketahui, di era new normal, kegiatan masyarakat maupun kegiatan ekonomi lebih banyak berbasis digital," kata Airlangga di Jakarta, Rabu (8/7).

Meski demikian, mantan Menteri Perindustrian ini menyadari hal ini tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua hari saja, karena diperlukan berbagai penyiapan, khususnya penguatan dari segi infrastruktur.

"Pelaku usaha dalam rangka menuju digitalisasi pasti ada tahapannya. Yang pertama, dari sisi pemerintah, kita akan menyiapkan infrastrukturnya seperti jaringan internet dan lainnya," ujarnya.

Dengan memanfaatkan digitalisasi, UMKM akan memangkas supply chain agar lebih pendek dan lebih efektif menjalankan usahanya. "Jika UMKM sudah mengefektifkan supply chain, maka akan lebih hemat dalam hal biaya menjalankan usaha," pungkasnya.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.