Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Menko Airlangga Ramal Ekonomi RI Tumbuh 0,6 Hingga 1,6 Persen di Kuartal IV 2020
  Bambang Soetiono   10 November 2020
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

kabargolkar.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap perekonomian Indonesia kuartal IV dapat kembali positif atau berada diangka sekitar 0,6 hingga 1,6 persen. Menurutnya hal itu bisa terwujud apabila Indonesia mempertahankan kinerja dalam level yang sama seperti kuartal III 2020.

Airlangga Hartarto meyakini pemulihan ekonomi saat ini tengah berjalan dalam jalur yang benar. Hal itu tercermin dari pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tumbuh 5,05 persen pada kuartal III 2020 menjadi minus 3,49 persen atau membaik dari kuartal II 2020 yang tercatat minus 5,32 persen.

Ketua Umum Partai Golkar itu juga menyebutkan, perbaikan ekonomi Indonesia ini sejalan dengan kinerja berbagai industri yang tumbuh positif pada kuartal III-2020. Ia menegaskan selain pertanian, pertumbuhan positif sektor industri yang berkontribusi besar terhadap PDB sebesar 20 persen menjadi tanda bahwa perekonomian Indonesia sudah masuk dalam tahap pemulihan.

Airlangga Hartarto pun mencatat bahwa pertumbuhan sektor industri sebesar 5,2 persen (q to q). Sejumlah industri yang menunjukkan pertumbuhan diantaranya makanan minuman sebesar 4,23 persen, logam dasar 10 persen, barang logam dan optik 8 persen, serta alat angkut 17 persen.

"Ini mendukung bahwa pemulihan sudah dalam track yang benar dan kita berharap di kuartal IV akan ada tambahan dorongan, baik dari segi pembiayaan APBN, program pemulihan ekonomi dan investasi," ujarnya, Senin (9/11/2020).

Airlangga Hartarto menambahkan, oleh karena itu pemerintah akan tetap melanjutkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) hingga kuartal I-2021. Baik untuk prioritas kesehatan, perlindungan sosial, UMKM, korporasi, hingga bantuan subsidi dan Kartu Pra Kerja.

"Dengan demikian, dukungan untuk menjaga daya beli di tahun 2021 terkait subsidi KUR maupun Kartu Pra Kerja, akan memberikan napas bagi masyarakat," imbuh Menko Airlangga.

Sementara untuk tahun depan, Airlangga Hartarto meyakini ekonomi bakal semakin pulih ke arah pertumbuhan rata-rata tahunan selama ini, yakni 5 persen. Katanya, pertumbuhan 2021 itu juga sudah diproyeksi berbagai lembaga internasional.

"Tentu kita melihat 2021 pertumbuhan kita akan mencapai seperti apa yang disampaikan World Bank, ADB, IMF bahwa pertumbuhan ekonomi kita disekitar 5 persen," sambungnya.

Dari sisi penanganan COVID-19, ia mengklaim tingkat kesembuhan COVID-19 sudah 84 persen. Meskipun tingkat kematian sedikit di atas global. Itu menurutnya tak terlepas dari kebijakan gas-rem seimbang.

"Kalau kita lihat di negara ASEAN, Indonesia yang terbaik baik dari segi kontraksi di mana kita jauh di atas Singapura, Malaysia seputar tiga kuartal terakhir dan juga terkait recovery penangan COVID-19," pungkasnya. 

akurat

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.