Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Menko Airlangga Apresiasi Dukungan Keketuaan Jepang dalam Proses Aksesi OECD Indonesia
  Suryo   04 Mei 2024
Pertemuan bilateral Menko Perekonomian R.I. Airlangga Hartarto dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (METI) Jepang Ken Saito di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) OECD di Paris, (2/05). Pada kesempatan ini, Menko Airlangga menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Menteri Ken Saito sebagai Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang pada bulan Desember 2023 lalu. Menko Airlangga menyampaikan apresiasi atas dukungan Jepang dalam proses aksesi OECD Indonesia, dimana pada PTM OECD ini Jepang bertindak selaku ketua.

 

Lebih lanjut, dukungan juga diharapkan dapat diberikan Pemerintah Jepang dalam pelaksanaan kajian dan proses aksesi Indonesia selanjutnya, salah satunya melalui Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA). Pertemuan juga membahas mengenai kerja sama di bidang infrastruktur transisi energi dalam kerangka Asia Zero Emission Community (AZEC). Jepang mengapresiasi kemitraan dengan Indonesia melalui suksesnya pelaksanaan Pertemuan Pemimpin AZEC (AZEC Leaders Meeting) pada Desember 2023 lalu. Dalam pertemuan tersebut ditindaklanjuti pelaksanaan 3 proyek prioritas transisi energi, yaitu Pembangkit Listrik Geothermal di Muara Laboh, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Legok Nangka, Jawa Barat, dan pengelolaan lahan gambut untuk komoditas pangan di Kalimantan Tengah. Sebagai tindak lanjut, Jepang berencana untuk melaksanakan pertemuan kedua AZEC di Jakarta pada tahun ini.

 

Menko Airlangga menyambut baik selesainya perundingan substantif Protokol Perubahan Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Menko mendorong agar proses reviu protokol tersebut dapat diselesaikan pada semester pertama 2024. Menko Airlangga harapkan IJEPA dapat segera diselesaikan untuk menjadi legacy bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut, Wakil Menteri Perdagangan yang turut mendampingi Menko Airlangga menyampaikan penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan yang memfasilitasi upaya peningkatan ekspor Indonesia-Jepang, salah satunya bagi produk elektronik. (dep7/ltg)

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.