Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Membuka Munas JMSI, Menko Airlangga Hartarto Optimistis Perekonomian Nasional Kembali Tumbuh
  Bambang Soetiono   24 Juni 2020
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

kabargolkar.com, JAKARTA - Musyawarah Nasional Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) resmi dibuka
Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, secara virtual, Selasa sore (23/6).

Ketika membuka Munas, Menko Airlangga Hartarto berada di ruang kerjanya, Kantor Menko Perekonomian di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Sementara sekitar 100 peserta dari 24 Dewan Pengurus Daerah (DPD) JMSI berada di kantor masing-masing.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Munas JMSI resmi kami buka,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan itu, Airlangga Hartarto yang adalah Ketua Umum Partai Golkar didampingi Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin. Selain DPD JMSI dari seluruh Indonesia, pembukaan Munas I JMSI juga dihadiri wartawan senior dan Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ilham Bintang.

Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum JMSI, Mahmud Marhaba, dalam sambutannya mengatakan, sedianya Munas I JMSI akan digelar di Pakanbaru, Provinsi Riau.

Namun karena pandemi Covid-19, akhirnya disepakati untuk menggelar Munas secara virtual. “Terima kasih Pak Menko sudah berkenan hadir secara virtual dan membuka Munas I JMSI ini,”ujarnya.

CEO RMOL Network, Teguh Santosa, yang menjadi moderator dalam pembukaan Munas I JMSI mengatakan, kegiatan tersebut adalah rangkaian dari perjalanan menuju puncak Munas I JMSI yang akan diselenggarakan pada tanggal 29 Juni mendatang.

“Minggu lalu kami sudah melakukan diskusi secara virtual, menghadirkan tiga dutabesar kita, dari Republik Rakyat China, Republik Korea, dan Republik Vietnam. Dari ketiga dutabesar kami mendapatkan banyak penjelasan mengenai upaya masing-masing negara dalam menanggulangi pandemi Covid-19, juga strategi yang mereka siapkan dalam memasuki era normal baru,” ujar Teguh yang juga anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat.

“Hari ini sebuah kesempatan emas bagi kami untuk mendengarkan secara langsung dari Pak Menko mengenai rencana-rencana besar kita dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan strategi kita memasuki situasi normal baru,” demikian Teguh.

Setelah membuka Munas I JMSI, Airlangga Hartarto menyampaikan pemaparan berjudul “Cetak Biru Perekonomian Nasional dalam Kerangka New Normal”.

Ia antara lain mengatakan, pasca-Covid 19 banyak hal yang harus dilakukan untuk mendongkrak kembali pertumbuhan ekonomi nasional.

Covid-19 Indonesia, diakuinya, membuat Indonesia mengalami penurunan ekonomi yang terbilang tinggi selama tiga bulan terakhir. Penurunan kinerja itu terjadi di berbagai sektor, dari sektor retail, penjualan kendaraan bermotor, industri manufaktur, dan pertanian, mengalami penurunan. Akibatnya terjadi kenaikan inflasi dan penurunan indeks consumer confidence.

Situasi ini juga ikut menambah jumlah pengangguran baru sebanyak 3 juta orang. Sekitar 1, 7 juta di antaranya telah terverifikasi. Jumlah ini tidak termasuk sekitar 7 juta orang yang memang berkategori pengangguran sebelum pandemi Covid-19.

Situasi yang menantang inilah yang mendorong pemerintah bekerja keras untuk menciptakan sistem mitigasi demi penyelamatan ekonomi.

Menko Perekonomian Airlangga optimistis, perekonomian Indonesia akan segera menemukan titik balik.

“Setelah tiga bulan semua indikator ekonomi turun drastis, mulai bulan ini ada tendensi naik,“ kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Airlangga menambahkan, pihaknya akan terus mengeluarkan berbagai paket kebijakan baru yang intinya untuk mengembalikan track pertumbuhan ekonomi nasional

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.