Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Refleksi Pemikiran Sistem Ekonomi Pancasila, Aburizal Bakrie Kenang Sosok Almarhum Subiakto Tjakrawerdaja
  Nyoman Suardhika   11 Agustus 2021
Credit /Photo : Zoom Virtual Meeting

Kabargolkar.com - Dalam pandangan ekonomi pancasila yang salah satu core-nya soal kesejahteraan
kepada seluruh lapisan masyarakat, ini merupakan suatu sistem perekonomian yang berlandaskan paradigma nilai-nilai kebersamaan atau kerakyatan.

Dalam mengenang salah satu pemikir dalam bidang ekonomi berbasih kerakyatan tersebut, Pusat Studi Ekonomi Pancasila menggelar seminar virtual dengan tema,''Refleksi Pemikiran Sistem Ekonomi Pancasila'', sekaligus mengenang lahirnya sosok pemikir ekonomi pancasila Almarhum Subiakto Tjakrawerdaja ke 77 Tahun, Rabu (11/8/2021).

Acara ini dibuka dengan sambutan Oleh Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie yang dalam kapasitasnya ini merupakan seorang sahabat Almarhum Subiakto Tjakrawerdaja, baik sebagai teman diskusi ataupun teman berorganisasi selain sama sama pernah aktif di Pemerintahan.

"Merupakan suatu kehormatan bagi saya bisa memberikan sambutan pembuka dalam acara mengenang 77 tahun sahabat saya, yaitu Almarhum Pak Subiakto Tjakrawerdajaja. Meski saya kenal awal awal dengan beliau di sebuah organisasi Profesi Pengusaha Muda (HIMPI) saat saat yang lampau tapi kami pun tidak hanya membahas soal pengusaha saja namun juga memikirkan hal hal penting lainnya yang berurusan bagi orang banyak, dimana Almarhum Pak Subiakto sangat fokus dalam pengembangan perekonomian secara bersama sama dalam pemberdayaan perekomian dengan Masyarakat banyak,'' Kenang Aburizal dalam masa masa awal bergelut dalam pemikiran wacana perkenomian nasional dengan almarhum Subiakto Tjakrawerdaja di masa lalu.

Masih dalam keterangannya, Mantan Ketua Umum Partai Golkar hasil Musyawarah Pekan Baru ini, juga sangat membanggakan karakter seorang Subiakto Tjakrawerdaja yang sangat fokus berkonsentrasi kepada pemberdayaan ekonomi berlandaskan asas kebersamaan berdasarkan Pancasila. Hal ini dikemudian hari pada tahun 2012, bersama Partai Golkar membuat Blue Print soal perekonomian Nasional dengan menerbitkan soal rencana Visi Negara Kesejahteraan 2045, yang dimana dalam garis besarnya itu sangat menjunjung tinggi soal perekonomian rakyat seperti yang dimaksud oleh Almarhum Pak Subiakto.

"Kami berdiskusi bukan hanya soal persamaan saja, tapi juga soal perdebatan yang dinamis namun berarah atau berorientasi kepada landasan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Di sinilah peran strategis Almarhum Pak Subiakto yang semakin mebulatkan tekad bagi saya untuk memberikan sesuatu buat Bangsa Indonesia, yakni soal pembangunan ekonomi yang mensejahterakan semua lapisan masyarakat secara bersama sama sesuai dengan arah atau pandangan Ekonomi Kerakyatan yang dicetuskan Pak Subiakto. Cita cita itu berhasil dilakukan, lewat Partai Golkar di Tahun 2012, bersama Partai Golkar Kami membuat yang namanya Visi Negara Kesejahteraan 2045,'' Tandas Aburizal Bakrie.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.