05 Desember 2020
Mari Bantu Saudara Kita Yang Tertimpa Bencana di Lombok, Bantul dan Sentani
  Administrator
  18 Maret 2019
  • Share :
[caption id="attachment_21800" align="aligncenter" width="700"] Bencana Sentani (Getty images/AFP/N.Somba)[/caption] kabargolkar.com - Di tengah-tengah gegap gempita perhelatan pesta demokrasi, saudara kita di beberapa daerah tertimpa bencana. Mereka membutuhkan bantuan dari kita sebagai saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Tidak perlu memandang perbedaan pilihan. Mari kita bantu dengan penuh keikhlasan agar mereka dapat segera terangkat kembali kehidupannya. Tercatat sepanjang akhir pekan ada tiga daerah yang tertimpa bencana. Berikut ini adalah beberapa daerah yang tertimpa bencana tersebut.
Banjir Bandang Sentani
Di ujung timur, bencana longsor dan banjir bandang melanda Sentani, Jayapura, Provinsi Papua. Sejak Sabtu (16/3) malam, kejadian tersebut setidaknya menewaskan 58 orang. Menurut dugaan, bencana banjir dan longsor ini terjadi akibat intensitas hujan yang tinggi. Ditambah Pegunungan Cycloops yang sudah gundul, maka air hujan pun tidak tertahankan lagi meluncur ke bawah dan melanda pemukiman, termasuk Bandara Sentani. https://twitter.com/Sutopo_PN/status/1106930925806379008
Gempa Lombok
Belum hilang dari ingatan kita tentang bencana gempa yang melanda Pulau Lombok pada Juli 2018 lalu. Bencana tak dapat ditolak, bencana gempa kembali melanda Lombok pada Minggu, 17 Maret 2019 kemarin. Gempa dengan skala 5,4 SR (Skala Richter) menggoyang pulau yang terletak di sisi timur Pulau Bali ini. https://twitter.com/Sutopo_PN/status/1107274231560036352 Berdasarkan informasi, wisatawan asing pun terdampak sebagai korban. Setidaknya terdapat 22 wisatawan asing yang terjebak di lokasi wisata air terjun Sendang Gill Bayan Lombok Utara. Menurut catatan BNPB, sejauh ini terdapat 32 unit rumah roboh dan 499 unit rumah rusak sedang dan rusak ringan.
Banjir di Bantul
Cuaca menjadi alasan penyebab banjir di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tepatnya di Kabupaten Bantul. Menurut BPBD DIY, kabupaten tersebut menjadi wilayah terdampak paling parah akibat banjir yang melanda sejak Minggu, 17 Maret 2019. Hujan deras yang turun sejak Minggu, membuat  setidaknya 35 desa dan 14 kecamatan terendam banjir. BPBD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebut Kabupaten Bantul menjadi wilayah terparah yang dilanda banjir. Tercatat  akibat hujan deras yang mengguyur pada Minggu (17/3). https://twitter.com/Pusdalops_diy/status/1107308112069877761 Tidak hanya Kabupaten Bantul, tapi satu kota di Provinsi DIY dan tiga kabupaten juga turut dilanda banjir akibat hujan lebat. Empat kecamatan meliputi Kecamatan Panjatan, Wates, Sentolo dan Temon. Di empat kecamatan tersebut masyarakat melaporkan adanya banjir. Misalnya di Kulon Progo,  dilaporkan adanya genangan air.
Mari kita ulurkan tangan
Sebagai saudara sebangsa, mari kita lupakan perbedaan pilihan dan partai, atau perbedaan apapun. Perhelatan pesta demokrasi hanya berlangsung sesaat, tapi kita akan bersaudara sebangsa selamanya.  Mari kita ulurkan tangan dan bantuan bagi saudara-saudara kita yang terdampak bencana. #SuaraRakyatSuaraGolkar (kabargolkar)    
Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.