07 Desember 2021
Ekonomi Bali dan Kebijakan Ketat PPKM
  Dani
  12 November 2021
  • Share :
Nyoman Sugawa Korry ( Ketua DPD Partai Golkar Prov Bali )

Kabargolkar.com - Pertumbuhan ekonomi nasional bertumbuh positif sejak kwartal II dan  sampai dengan kwartal III 2021, mencapai 3,51%. Beda halnya dengan pertumbuhan ekonomi Bsli, pada kwartal III 2021, mengalami kontraksi -2,91%, walaupun pada kwartal II tumbuh positif 2,88%. Sebagai daerah yang sangat tergantung pada sertor tersier ( jasa dan pariwisata), dampak berkembangnya varian baru covid 19, yang mengharuskan pemerintah pusat mengambil kebijakan lebih ketat melalui level-level ppkm.Kebijalan ini, membatasi arus pergerakan manusia/masyarakat baik di dalam negeri maupun dengan luar negeri. Kontraksi ekonomi tertinggi dialami oleh provinsi Bali dan Papua Barat ( kwarta lII -1,76% dan kwartal II - 2,39%).

Lalu, apa yang harus dilakukan ?

Dalam jangka pendek ini, seharus percepatan pencairan bantuan sosial, stimulus ekonomi dan sampai dengan relaksasi kredit untuk pelaku ekonomi kecil dan menengah, agar konsumsi masyarakat bisa di didorong meningkat, dan untuk mendorong peningkatan pengeluaran pemerintah, kebijakan penurunan bea masuk kendaraan  bermotor dipertahankan, khusus untuk Bali dan Papua Barat transfer pemerintah pusat agar jangan di tunda di kurangi, untuk mendorong bergeraknya sertok pariwisata dan usaha- usaha pendukungnya, apabila kondisi telah dipandang kondusif oleh pemerintah pusat, diharapkan ppkm bisa lebih dilonggarkan, mendorong peningkatan ekspor produk kerajinan dan pertanian serta perikanan dari Bali, dan meralisasikan proyek dan program2 pembangunan.

Dalam jangka menengah dan selanjutnya, upaya mewujudkan keseimbangan baru struktur ekonomi Bali ( primer, sekender dan tersier) agar benar benar di canangkan dan dilaksanakan dengan se baik-baiknya dan implementasi omnibuslow ditegakkan dengan konsisten, untuk mendorong investasi yang ramah lingkunan dan memperhatikan dengan sungguh- sungguh kearifan lokal.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.