07 Desember 2021
Momen Hari Guru, Hetifah Sjaifudian Melakukan Monitoring dan Evaluasi ANBK di Balikpapan
  Nyoman Suardhika
  25 November 2021
  • Share :
Credit Photo / Tribunnews

Kabargolkar.com - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Balikpapan.

Menurutnya, Balikpapan merupakan salah satu wilayah yang menjadi referensi dalam mengevaluasi program pemerintah pusat yang tengah berjalan.

Hal tersebut perlu dilakukan lantaran pemerintah pusat kerap mengalami kendala di lapangan. Sehingga, evaluasi dibutuhkan untuk memperbaiki program.

Terutama terkait ANBK yang diharapkan menjadi basis data dalam menjalankan program di masa mendatang.

"Pelaksanaannya seperti apa kita pengin cek. Evaluasi akan dijadikan umpan balik kepada para guru, orangtua dan penyelenggara pendidikan," ujarnya, Rabu (24/11/2021).

ANBK adalah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

ANBK digelar secara semi online maupun online, juga dilaksanakan untuk jenjang pendidikan SD, SMP, dan SMA/sederajat.

Maka itu, pemerintah pusat bersama legislatif pun akan berkomitmen dalam mendorong transformasi digital di sekolah. Menurutnya perlu sinergi antara pusat dan daerah.

"Alhamdulillah komit dalam pengadaan TIK masih berjalan dan bertahap, mungkin tahun depannya akan tuntas dengan melihat skala prioritas," kata Hetifah Sjaifudian.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.