Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Puteri Komarudin Sebut Dunia Perbankan di Indonesia Tumbuh Karena Tiga Hal Utama Ini
  Nyoman Suardhika   13 September 2022
Gredit Photo / Tribunnews

Kabargolkar.com - Dunia perbankan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang cukup baik
dari tahun ke tahun.


Bahkan, mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kredit perbankan tumbuh mencapai 26,89 persen selama tahun 2017 sampai Mei 2022.

Meski terjadi kontraksi karena pandemi Covid-19 pada tahun 2020, namun aset perbankan mampu tumbuh 37,8 persen dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

Begitu pula Dana Pihak Ketiga atau DPK yang juga mengalami pertumbuhan sekitar 42,08 persen pada periode yang sama. Dari sisi permodalan dan risiko, perbankan Indonesia masih dalam keadaan baik sepanjang 5 tahun terakhir.

Selain itu, Rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) berada pada posisi 25,67% pada tahun 2021 dan sebesar 24,74% pada Mei 2022.

Perbankan Indonesia mencatat non-performing loan (NPL) menunjukkan tren kenaikan. NPL gross pada tahun 2019 yang sebesar 2,53% menjadi 3,06% pada tahun 2020 dan sedikit melandai menjadi 3,00% pada 2021.

Di tengah situasi yang sulit karena tantangan pandemi Covid-19, beberapa Bank di Indonesia mampu mencatat kinerja yang positif.

Salah satu Bank yang mencatat kinerja positif di tengah pandemi Covid-19, adalah PT. Bank Pembangunan Daerah (BPD) Nusa Tenggara Timur (NTT).

Bank kebanggaan masyarakat Nusa Tenggara Timur itu mendapat penghargaan sebagai Indonesia Top Bank KBMI 1 atau Kelompok Bank Modal Inti 1 (Rp3 Triliun sampai Rp6 Triliun).

Penghargaan Indonesia Top Bank 2022 ini diserahkan oleh Founder and CEO The Iconomics Bram S. Putro, bersama Pemimpin Redaksi The Iconomics Arif Hata, kepada Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho yang diwakili oleh Kepala Divisi Rencorsec dan Legal Bank NTT Endri Wardono, dan didampingi Kepala Cabang Pembantu Mukun Yasinta Jelita, serta Staf Pelaksana Legal Bank NTT, Adam Otovianus Ibu.

Acara bertajuk Indonesian Bank Summit 2022 ini dilaksanakan di JS Luwansa Hotel, Jl. HC Rasuna Said No. 22, Karet Kuningan, Jakarta, Jumat 9 September 2022 sore.

Hadir secara virtual, Anggota DPR RI Komisi XI Puteri Anetta Komarudin, yang juga membawakan Keynote Speech tentang kondisi dan kebijakan pemerintah terhadap sektor perbankan Indonesia.

Dalam pernyataanya, Puteri Anetta Komarudin menyampaikan penghargaan kepada The Iconomics yang secara konsisten telah menyelenggarakan Indonesia Top Bank Awards selama tiga tahun terakhir.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap semua insan perbankan Indonesia, atas berbagai kontribusi dan inovasi yang dihadirkan untuk membentengi dampak pandemi Covid-19 yang sangat signifikan bagi perbankan dan masyarakat.

"Kiprah industri perbankan di tengah-tengah pandemi tidak terlepas dari 3 hal utama yakni Innovation, Growth dan Presence," ujar Puteri Komarudin.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada industri perbankan karena mampu berinovasi, dan menjadi aktor atau driver bagi pertumbuhan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Founder dan CEO The Iconomics Bram S

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.