Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Gelontorkan Bantuan Alsintan, Legislator Golkar Ini Ingin Ringankan Beban Ongkos Produksi Pertanian
  Nyoman Suardhika   28 Desember 2022
Gredit Photo / Istimewa

Kabargolkar.com - Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Firman Soebagyo, menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Penyerahan Alsintan itu, diserahkan anggota Komisi IV DPR secara simbolis kepada para petani, di Aula Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan/Kabupaten Pati, Senin (26/12/2022) kemarin.

Menanggapi bantuan tersebut, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar ini mengatakan, kegiatan itu merupakan program aspirasi dari Komisi IV DPR yang diberikan kepada masyarakat berupa Alsintan untuk menunjang program pengembangan pertanian.

Masing-masing kelompok tani, kata Legislator asal Pati ini, mendapat satu unit bantuan.

“Hari ini kita berikan berupa traktor roda empat ada 5 unit, hand traktor 25 kelompok, pompa air 27 kelompok, cultivator 3 kelompok, hand sprayer 8 kelompok, dan combine harvester besar 4 kelompok,” kata Firman dalam keterangan persnya, Selasa (27/12/2022).

Program pemberian Alsintan ini, anggota Baleg DPR ini menjelaskan, untuk membantu petani dalam rangka meringankan serta mengurangi beban ongkos produksi yang notabenenya menjadi bagian termahal dalam sistem pertanian.

“Untuk memangkas biaya produksi pertanian. Dari pada akibat pengeluaran yang mahal, maka efeknya adalah harga beras cukup tinggi,” jelas Firman.

Tak sampai disitu, Firman menuturkan, Word Bank atau bank dunia menyatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan harga pangan pokok tinggi.

Ini karena disebabkan faktor biaya produksi yang mahal jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

Pihaknya berharap Alsintan yang diberikan bagi kelompok tani ini bisa dimanfaatkan tidak hanya lingkup kelompok saja. Akan tetapi, lebih daripada itu yakni bisa dimanfaatkan secara lebih luas.

“Saya tegaskan bukan kepentingan kelompoknya (kelompok tani) saja, tetapi untuk kepentingan desa. Sehingga anggota kelompok itu harus dilayani, bukan eksklusif milik kelompoknya,” tutup Firman.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.