Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
KPPG dan HWK Ajak Para Milenial untuk Melek Politik
  Nyoman Suardhika   24 September 2021
Credit Photo / Klikwarta.com

Kabargolkar.com - Kesatuan Perempuan Partai Golkar ( KPPG ) DPD Partai Golkar
Kabupaten Karanganyar bersama Himpunan Wanita Karya menggelar acara pendidikan politik bertajuk Political Education for Young Political Leaders, secara daring di Kantor DPD Golkar Kabupaten Karanganyar, pada Rabu (22/09/2021).

Pendidikan politik ini dikemas dengan acara diskusi yang menghadirkan narasumber yaitu Sekar Krisnauli putri dari Akbar Tandjung yang juga Tim Pendiri Organisasi Kisah Kasih Journalism, anggota DPRD Kota Probolinggo Masda Putri Amelia dan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Karanganyar Ilyas Akbar Almadani.

Anggota DPRD Kota Probolinggo Masda Putri Amelia memaparkan, menghadapi sikap masyarakat yang apatis terhadap politik,  menjadi tantangan tersendiri dalam lebih melakukan berbagai langkah pendekatan untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat itu sendiri.

"Jadi jangan lelah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya mereka sadar. Dan menurut saya, karena mereka tidak tahu dan tidak sadar, maka mereka menjadi apatis. Dan ketika kita memberikan kesadaran, memberikan ilmu dan pengalaman kepada mereka, Insya Allah mereka juga akan melek politik. Jadi tentunya kita pun harus berjuang unuk membantu masyarakat supaya sadar atau melek politik," ucapnya.

Menurut Masda, masyarakat terlalu banyak melihat berita di media tentang sudut pandang yang negatif terkait politik. Hal itu tentunya menimbulkan sisi yang kurang seimbang dengan beberapa hal positif yang sebenarnya juga dilakukan oleh para politisi.

"Politisi juga banyak melakukan hal - hal yang baik dan positif. Karena sebenarnya persoalan baik atau buruknya politisi itu ada pada personal masing - masing," imbuhnya. 

Banyak masyarakat yang berpikir bahwa siapa pun tokoh yang memiliki kedudukan politik tertentu tidak berpengaruh bagi  kelangsungan nasib hidup mereka. Hal itu juga menjadi tantangan dimana ia harus merubah stigma masyarakat tersebut.

"Karena menjadi politisi itu juga bukan untuk memenuhi kehidupan kita sehari - hari. Akan tetapi bagaimana politisi dapat memperjuangkan apa yang jadi kepentingan kebutuhan masyarakat melalui produk - produk kebijakan melalui undang - undang yang diciptakan," tandas Masda. 

Sementara itu, Sekar Krisnauli selaku Tim Pendiri Organisasi Kisah Kasih Journalism menyampaikan pemaparan terkait sikap apatis masyarakat terhadap politik dari sudut pandang aktivis sosial maupun selaku pegiat literasi.

Senada dengan Masda Putri Amelia, Sekar Krisnauli menilai  pendidikan politik yang menyentuh hingga kalangan masyarakat akar rumput masih sangat minim. 

"Tidak pun sampai kebawah, katakanlah anak - anak sekolah atau mereka yang sudah duduk di jenjang SMP,  mereka juga masih belum terlalu paham tentang politik.

Namun satu hal yang saya sadari dan saya percayai sepenuhnya adalah, kita harus perbanyak diskusi dengan para pakar secara general. Dan itulah yang coba kami lakukan lewat gerakan literasi," ungkap Sekar.

Sekar juga mengatakan, turun langsung ke lapangan dan bertemu masyarakat untuk bertanya jawab atau melakukan dialog juga menjadi hal terpenting. Karena terkadang dalam posisi sebagai pemilik maupun pendiri atau pemegang kekuasaan, masih memiliki anggapan bahwa mereka tahu apa yang masyarakat butuhkan.

"Padahal belum tentu begitu juga

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.