02 Juni 2020
Menko Airlangga Harap Virus Corona Cepat Tertangani
  Bambang Soetiono
  06 Februari 2020
  • Share :
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (5/2/2020). (Foto: ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

kabargolkar.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap penanganan dan penyelesaian terhadap wabah virus corona dapat lebih cepat dibandingkan saat merebaknya wabah SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome tahun 2003 lalu.

"Semoga melihat ke dalam perspektif SARS, itu (virus corona) tidak akan lama. SARS kan delapan bulan jadi semoga yang ini kurang,” katanya di Jakarta, Rabu.

Airlangga mengatakan penanganan virus corona harus segera diselesaikan karena berpotensi memberikan dampak negatif pada banyak sektor seperti manufaktur, pariwisata, farmasi, hingga pasar modal.

Ia memperkirakan jika wabah virus corona tidak segera selesai maka akan menurunkan perekonomian China sekitar 1 persen sampai 2 persen yang pada akhirnya menekan ekonomi Indonesia antara 0,1 persen hingga 0,29 persen. "China diprediksi secara konsensus ekonomi akan turun 1 sampai 2 persen jadi kalau ke Indonesia itu 0,1 sampai 0,29 persen," ujarnya.

Sementara itu, Airlangga menuturkan seluruh jajaran pemerintahan di Indonesia sendiri telah diminta Presiden Joko Widodo untuk mengambil berbagai langkah dalam rangka mengantisipasi masuknya wabah itu ke dalam negeri. “Kami ada rapat kemarin dan Pak Presiden minta kami untuk memonitor situasi,” katanya.

Ia menyebutkan langkah yang diambil pemerintah antara lain adalah pada sektor kesehatan yaitu melakukan pencegahan masuknya virus corona ke Indonesia melalui pembatasan impor hewan liar dari China. “Untuk barang masih diperbolehkan impor dari China,” ujarnya.

Ia pun mengatakan pemerintah akan terus memonitor dan mengevaluasi selama dua minggu ke depan terkait langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya terhadap dampak dari wabah virus corona.“Kita monitor saja perkembangan berikutnya dan kita evaluasi dua mingguan untuk menentukan langkah selanjutnya,” ujarnya. (*)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.