28 Oktober 2020
Petani-Petani Digital, Atasi Akses Pasar dan Modal
  Bambang Soetiono
  24 September 2020
  • Share :
Ilustrasi: Contoh digitalisasi pertanian, penggunaan artificial intelligence. (Foto: net)

kabargolkar.com - Suramnya sektor pertanian kini tampak mulai terlihat cerah. Problem petani yang sulit mengakses pasar dan mendapatkan modal murah kini bisa sedikit teratasi. Munculnya usaha-usaha rintisan berbasis teknologi digital dan internet kini memungkinkan para petani langsung terhubung dengan konsumen dan pemodal. Problem konvensional petani seperti tengkulak, pengijon dan rentenir lambat laun akan terkikis habis.

Nama-nama perusahaan rintisan digital yang bergerak pada sektor pertanian kini kian marak. Sebut saja, iGrow, Tanijoy, Tanihub, Sayurbox, Eden Farm, eFishery dan banyak lagi nama-nama lainnya kini mulai memberikan dampak pada optimisme sektor pertanian.

Mereka membuka akses pasar langsung via online internet sehingga memudahkan petani dan konsumen mendapatkan produk pertanian yang baik dan segar. TaniHub menawarkan perubahan radikal agar kesejahteraan petani lebih baik. Harapannya, petani tidak lagi diidentikan dengan ketertinggalan dan kemiskinan. "Pemberdayaan itu berdampak pada perbaikan kualitas panen dan kenaikan pendapatan petani. Hasil panen petani menyentuh harga yang adil dan konsumen tertarik untuk membeli, dengan demikian menolong petani berdampak positif pada perekonomian secara keseluruhan," terang Ivan Arie Sustiawan CEO TaniHub Group.

Kini, TaniHub Group bermitra dengan lebih dari 35.000 petani. Mereka mengklaim petani mitra TaniHub mengalami kenaikan pendapatan 20% dan peningkatan produktivitas sebesar 50%.

Sejalan, Tanijoy telah bermitra dengan 5000 petani di Sumatera dan Jawa sejak 2017. Selain memberikan kemudahan akses pasar dan modal menggunakan digital dan internet mereka juga menawarkan bantuan teknis budidaya di lapangan, membantu sarana dan prasarana produksi, dan jaminan kualitas produk.

Dua usaha rintisan adalah contoh dari sekian banyak anak muda yang berinovasi dalam bidang teknologi digital dalam berbisnis pertanian. Sedikit banyak apa yang mereka telah usahakan mulai memperlihatkan hasilnya, para petani mulai menggunakan teknologi digital dalam memasarkan produknya langsung ke konsumen.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.