Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Rilis Hasil Riset, BS CENTER: Rencana Memulihkan Ekonomi Hingga Kembali ke Angka 5 Persen bisa Tercapai
  Nyoman Suardhika   11 November 2020
Credit Photo / Istimewa

Kabargolkar.com - Brain Society Center, atau dikenal dengan BS Center merilis hasil
riset perdana bertajuk "Vaksin Covid-19 dan Arah Pemulihan Ekonomi Indonesia" di Jakarta, 10 November 2020. Temuan riset ini sebagai pembuktian bahwa lembaga tersebut didirikan sebagai thinktank yang bertujuan memberi dukungan kepada pemerintah dengan menawarkan solusi pada berbagai permasalahan bangsa.

BS Center, kata Bambang Soesatyo dalam sambutannya, adalah lembaga kajian yang didirikan dengan harapan mampu mengisi ruang-ruang diskusi publik yang dirasa belum optimal dalam memberikan kontribusi untuk kemajuan bangsa. "Khususnya dalam melahirkan ide-ide segar, perspektif yang holistik, dan pemikiran yang komprehensif," ujarnya.

Bamsoet, demikian ia biasa dipanggil, memberi apresiasi tinggi terhadap penerbitan riset BS Center dalam bentuk buku setebal 170 halaman ini. ia berharap buku ini dapat menjadi rujukan untuk memperluas cakrawala pandang dalam menyikap dan merespons kondisi yang tengah dihadapi, pandemi Covid-19.

Pemerintah sedang mengembangkan vaksin untuk memutus rantai persebaran Covid-19. Namun, penggunaan vaksin bukanlah jaminan dapat menghilangkan efek pandemi secara instan. “Selain membutuhkan waktu untuk benar-benar kembali pada kondisi normal, masih ada pekerjaan rumah lain, yakni pemulihan perekonomian nasional.

Dampak pandemi yang telah memukul sektor perekonomian dan menempatkan kita pada jurang resesi, tentunya memerlukan upaya ekstra untuk dapat kembali pulih,” kata Ketua MPR tersebut.

Perilisan hasil riset pada tanggal 10 November yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, menurut Bamsoet merupakan momen yang tepat untuk menunjukkan cinta pada Tanah Air. “Apakah konglomerat-konglomerat mau menarik duitnya di luar negeri demi Indonesia? Mau membantu menggerakan ekonomi kita? Inilah saatnya menunjukkan kecintaan kepada Indonesia. Menjaga perut rakyat adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya pemerintah, melainkan termasuk pengusaha agar mau menarik duit mereka dari luar negeri,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bamsoet juga meluncurkan buku terbarunya, “Tetap Waras, Jangan Ngeres.” Karyanya yang ke-17 ini berkaitan dengan dampak pandemi yang melemahkan banyak sektor, hingga memunculkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi. “Buku ini mencoba untuk menggugah kesadaran kolektif bangsa mengenai pentingnya kita mengedepankan akal sehata dan berfikir secara ‘waras’, artinya tetap rasional, terukur, namun juga waspada,” ujar Bamsoet.

Buku tersebut juga menceritakan perjalanan Bamsoet bersama partainya, Golkar, yang mendapat tanggapan dari rekannya, Anggota DPR Habib Aboe Bakar Al Habsyi. “Saya mendapat buku ini tadi malam dan langung membacanya. Benar-benar kaget dengan isinya, kritiknya tajam sekali, bahkan untuk partai dia sendiri.

Namun, ternyata inilah cara Bamsoet menunjukkan cintanya pada Golkar. Mencintai itu tidak berarti harus memuji. Jusru memberi kritik adalah bukti cinta untuk membangun hal yang dicintainya itu,” kata Aboe Bakar saat memberi testimoni.

Selain peluncuran hasil riset dan buku karya Bambang Soesatyo, di waktu bersamaan turut menjadi hari peluncuran BC Center yang diketuai Ahmadi Noor Supit, serta perhelatan diskusi yang mengupas isi riset tersebut. Ketua Dewan Pakar BS Center Prof. Dr. Didin Damanhuri memberi paparannya bersama narasumber lainnya, Prof. Ari Kuncoro, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, dan Prof. Dr. Abdul Hadi.

Dalam diskusi tersebut Prof. Dr

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.