Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Pengamat Akui Konstituen Stabil Bikin Golkar Jadi Partai Terpopuler Hasil Survei Litbang Kompas
  Bambang Soetiono   26 Mei 2023

kabargolkar.com - Survei Litbang Kompas periode Mei 2023, yang diambil dari 1.200 responden secara acak dari 38 Provinsi di Indonesia, menempatkan Partai Golkar menjadi partai dengan tingkat kepopuleran tertinggi.

Partai Golkar memiliki tingkat kepopuleran 86 persen, diikuti PDI Perjuangan 83,8 persen, dan Partai Demokrat 83,5 persen, serta Partai Gerindra 81,2 persen.

Sementara dari sisi kesukaan Partai Demokrat ada di posisi pertama, yakni 57 persen dan Partai Golkar berada di posisi kedua 51 persen dan Gerindra di posisi ketiga 50 persen, sementara PDIP hanya 43 persen.

Adapun, margin of error dari survei ini +/- 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Pengamat politik Sulawesi Utara, Josef Kairupan mengatakan bahwa bicara populer tentunya dimiliki Partai Politik yang debutnya telah aral melintang di kancah politik Nasional.

“Pasti yang populer sudah memiliki nama dan dikenal oleh publik, seperti Golkar, PDIP, dan Demokrat,” ungkap Josef, Kamis (25/5/2023).

“Sementara untuk Gerindra sendiri masih membayangi popularitas ke tiga parpol tersebut, karena sampai saat ini Gerindra belum pernah tampil sebagai partai penguasa,” ucapnya lagi.

Josef Kairupan melihat bahwa Partai Golkar populer karena cenderung memiliki konstituen yang stabil.

“Artinya tak lekang oleh waktu Golkar memiliki pendukungnya sendiri,” kata Josef.

Sedangkan untuk PDIP saat ini dikatakan Josef Kairupan lebih tertolong karena pengaruh Jokowi.

“Sedangkan Demokrat karena mereka yang merasa tidak puas dengan pemerintahan saat ini, membandingkan pemerintahan era SBY masih lebih baik,” pungkasnya.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.