Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Anggota DPR RI Christina Aryani Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Atasi Stunting di DKI Jakarta
  Dani   20 November 2023
Anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II dari Fraksi Partai Golkar Christina Aryani

Kabargolkar.com - Anggota DPR RI Dapil DKI Jakarta II dari Fraksi Partai Golkar Christina Aryani menegaskan pentingnya deteksi dini dan intervensi untuk  mengatasi persoalan stunting di DKI Jakarta. Meski terus mengalami penurunan; ada 22.000 temuan kasus dimana 9000 sudah selesai diatasi, Christina mendorong agar upaya sistematis dilakukan sehingga DKI Jakarta bisa bebas dari kasus gizi buruk.

"Stunting di Jakarta masih menjadi persoalan, namun berita baik bahwa angkanya terus mengalami penurunan, seiring intenvensi yang dilakukan terutama di tingkat kelurahan," ungkap Christina kepada wartawan di Jakarta, Senin (20/11).

Dari amatan kunjungan Christina melalui bincang warga di daerah pemilihannya di berbagai lokasi di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, ditemukan fakta bahwa proses intervensi kasus stunting sudah efektif dilakukan. Misalnya saja temuan di Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru terdapat 8 anak stunting yang setelah dilaporkan ke kelurahan langsung diintervensi. 

"Hasilnya positif, 3 bulan ditangani, setiap hari dimasakkan makanan sehat oleh kader posyandu akhirnya berat dan tinggi badan bisa normal. Jadi efektif," jelasnya.

Penanganan kasus stunting di Jakarta lanjut Ketua DPP Partai Golkar tersebut hendaknya juga didorong melalui sosialisasi yang konsisten kepada seluruh masyarakat; terutama sejak ibu hamil sampai kelahiran dan pendampingan awal saat balita.

"Aspek pendampingan masa kehamilan sampai kelahiran itu sangat penting. Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dijalankan Posyandu bisa ditingkatkan frekuensinya. Tetapi intinya jika ada kasus harus segera lapor agar bisa langsung diintervensi," tegas Christina yang mengharapkan kualitas manusia Indonesia khususnya Jakarta semakin meningkat seiring dengan berhasilnya Jakarta menghapus stunting.

Untuk Jakarta diakui Christina, dia banyak berjumpa dengan warga yang bertugas sebagai kader posyandu, dasawisma dan jumantik. Dari perjumpaan tersebut dia meyakini, Jakarta memiliki infrastruktur memadai untuk mengatasi permasalahan stunting.

"Kalau kita perhatikan di Jakarta, sudah ada kader yang menjalankan fungsinya dengan optimal. Infrastukturnya juga sudah ada dengan pelibatan masyarakat yang cukup baik. Sekarang tinggal konsisten ke depannya sehingga upaya menurunkan stunting di Jakarta bisa berhasil dengan lebih baik lagi," pungkasnya.

Diketahui, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut total data stunting se-Jakarta berjumlah 22.000. Sementara itu, upaya penurunan cukup signifikan dilakukan; kurang lebih 9.000 sudah selesai. Selain stunting, Jakarta juga mencatat data rawan gizi, sebanyak 23.000.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.