Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Legislator Golkar Nilai Roadmap Ekonomi Hijau Bikin Pembangunan Indonesia Berjalan Parsial
  Nyoman Suardhika   19 September 2023
Gredit Photo / Kumparan

Kabargolkar.com - Legislator Golkar Mukhamad Misbakhun menilai, nihilnya roadmap ekonomi hijau juga membuat pembangunan hijau di Indonesia berjalan parsial antar Kementerian/ Lembaga. Misalnya antara Bappenas, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan dan Kementerian Investasi atau BKPM yang bisa saja berjalan sendiri-sendiri.

Menurut anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar ini, ke depannya pertarungan seperti ini harus dibuka. Karena, perlu melihat respon Gen Z dan millenial apakah lingkungan ini menjadi issue, apakah sustainability dijadikan obrolan merkea kita pnuynya influencer dan bagian bonus demokrasi.

"Mereka harus diajak sebagai alat kontrol kekuasaan jangan hanya selfie pejabat apakah itu jadi simbol kinerja memang? Ini harus jadi voice yang awalnya kecil tapi bubble," tegas Misbakhun.

Lalu, anggota Komisi XI DPR ini menuturkan, pihaknya selalu mengingatkan agar roadmap ekonomi hijau dibuat dengan serius. Jangan sampai ada seseorang jadi pejabat kemudian dia menggambar sendiri pembangunan Indonesia sesuai seleranya.

"Itu pula kenapa di BKPM misalnya setiap ada investor masuk tidak pernah ditanya berapa rencana penggunaan EBT dalam proyek mereka, atau misalnya BUMN Kemenkeu Geo Dipa yang butuh effort luar biasa untuk merealisasikan potensi 36 gigawatt EBT yang baru tercapai 110 MW," ucap Misbakhun.

Jika ingin serius mewujudkan pembangunan hijau di tanah air, menurut Misbakhun semua elemen negara harus menjalankan fungsi nya masing-masing dengan maksimal baik legislatif, eksekutif maupun masyarakat sipil termasuk generasi Y dan Z. 

"Generasi muda juga harus digalakkan untuk terus aktif menyuarakan isu lingkungan dan keberlanjutan di media sosial agar ini menjadi bubble sekaligus fungsi pengawasan terhadap eksekutif. Kalau kita mau serius membangun ekonomi hijau ini ya harus disiapkan. Kalau tidak satu generasi ini bisa jadi kita cuma rajin membicarakan saja tapi tidak rajin menjalankan, komat -kamit lagi," tutup Misbakhun.

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.