26 Mei 2020
Rudy Mas'ud: Percepat Hilirisasi Minerba Agar Penerimaan Negara Meningkat
  Witarmin
  20 Februari 2020
  • Share :
Anggota Komisi VII DPR Rudy Mas'ud (kanan)

kabargolkar.com, BALIKPAPAN - Terkait Pertambangan Dalam rangka upaya peningkatan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) Amggota Komisi VII DPR Rudy Mas'ud berharap dilakukan di sektor hilir.

"Saya berharap yang harus dilakukan pada sektor hilirnya bukan hulunya. Produk Hilirisasi dari kegiatan pertambangan mineral pada dasarnya memiliki sejumlah hasil yang lebih banyak bila olahan dan pemurnian dilakukan dengan baik, produk hasil hilirisasinyapun beraneka macam." kata anggota Komisi VII DPR asal Kaltim ini. 

Oleh sebab itu Rudy Mas'ud berharap kegiatan pengolahan dan pemurnian dari aktivitas pertambangan mineral dan batu bara sangat mendesak untuk mendapatkan perhatian serius mengingat nilai tambah yang didapatkan akan jauh lebih besar.

"Peningkatan nilai tambah dapat memberikan stimulus peningkatan pertumbuhan ekonomi di Kaltim," lanjut Rudy.

Ia berharap Dirjen Minerba dapat meninjau ulang rencana perpanjangan ijin perusahaan pertambangan batu bara pemegang PKP2B di Kaltim. Pasalnya tidak sedikit dari perusahaan tersebut yang malah lebih banyak mudharat dibanding manfaatnya untuk masyarakat setempat. Menurut Rudy jika dilihat dari udara sisa-sisa tambang batu bara tersebut banyak menimbulkan kubangan-kubangan yang merusak lingkungan.

"Reklamasi yang sejatinya dilakukan di kubangan sisa tambang batu bara tidak dilaksanakan dengan baik, ini butuh pengawasan yang serius," tukas Rudy.

Rudy Mas’ud menyampaikan semua hal ini sebagai narasumber Workshop Pengawasan Terpadu Bidang ESDM ( Regional Indonesia Bagian Tengah) bertempat di Hotel Platinum Balikpapan, Rabu 19 Februari 2020. Kegiatan ini dalam rangka pembangunan SDM yang menjadi target pemerintah untuk menciptakan SDM unggul dengan demikian dapat menjalankan pengawasan guna peningkatan PNBP dan juga pengawasan Subsidi. 

Prof.Akhmad Syahroza Inspektur Jendral Kementerian ESDM mengatakan workshop pengawasan terpadu bidang ESDM saat ini diselenggarakan bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada auditor dan Inspektur tambang agar mempunyai kemampuan standar sesuai aturan. (Van)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.