30 September 2020
Christina Aryani Meminta Pemerintah Tanggap Salurkan Bantuan Ke PMI di Malaysia
  Nyoman Suardhika
  27 Maret 2020
  • Share :
credit gambar / tempo

Kabargolkar.com - Pemerintah Malaysia telah menerapkan lockdown untuk menekan penyebaran virus corona sejak tanggal 18 sampai 31 Maret 2020. Bahkan diperpanjang selama 2 minggu hingga tanggal 14 April 2020.

"Kami meminta perhatian Pemerintah Indonesia agar segera menyalurkan bantuan sembako melalui KBRI di Kuala Lumpur," kata anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam rilisnya yang kami terima, Jumat pagi (27/3/2020).

Christina Aryani mengatakan, masih banyak Pekerja Migrant Indonesia (PMI) yang berprofesi sebagai pekerja lepas atau harian yang bersifat informal seperti sebagai buruh bangunan, pekerja pabrik, pekerja restoran maupun jasa cleaning service. Mereka bekerja dengan sistem upah harian atau mingguan. Sehingga mereka kesulitan mendapatkan penghasilan. Karena itu, pemerintah Indonesia juga mesti memikirkan hal tersebut.

"10 hari lockdown berjalan saudara-saudara kita mulai kesulitan memenuhi kebutuhan hidupnya. Bantuan sembako menjadi hal utama yang dibutuhkan saat ini," terangnya.

Legislator asal DKI Jakarta ini sangat berharap kepada pemerintah untuk memerhatikan nasib daripada pekerjaan migran yang ada Malaysia. Kebutuhan pokok hingga alat pelindung diri seperti masker, sedianya dipasok oleh pemerintah Indonesia.

"Selain sembako kebutuhan mendesak lain adalah masker. Semoga pemerintah bisa segera memastikan tersedianya kebutuhan yang memang sangat mendesak saat ini," Jelas alumni Tarakanita tersebut

Kebijakan lockdown di Malaysia juga disertai hukuman denda 1.000 ringgit (Rp 3,5 juta) dan atau penjara maksimal 6 bulan bagi yang melanggar peraturan pemerintah Malaysia.

Merujuk data dari BNP2TKI, Malaysia merupakan negara negara tujuan utama TKI, yaitu mencapai 90.671 pekerja atau hampir sepertiga dari total PMI yang bekerja di luar negeri.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.