25 Mei 2020
Pilkada Sumbar 2020, PDI-P Jalin Koalisi dengan Golkar dan PKB
  Bambang Soetiono
  25 Februari 2020
  • Share :
Ilustrasi pilkada. (Foto: Kompas/TotoSihono)

kabargolkar.com, PADANG - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatera Barat 2020, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjalin koalisi dengan Golkar dan PKB. Komunikasi yang intens sudah terjalin antara tiga partai itu di tingkat daerah. 

"PDI-P dengan Golkar dan PKB sudah menjalin komunikasi yang cukup intens untuk mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Sumbar 2020," kata Ketua DPD PDI-P Sumbar, Alex Indra Lukman yang dihubungi Kompas.com, Senin (24/2/2020). 

Alex mengatakan tiga koalisi partai tersebut bisa mencalonkan satu pasangan gubernur dan wakil gubernur karena sudah mencukupi syarat minimal 13 kursi di DPRD Sumbar. Golkar memiliki 8 kursi, PDIP 3 dan PKB 3 sehingga jika partai ini berkoalisi bisa mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur. 

Dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PDI-P Sumbar, Sabtu (22/2/2020) lalu komunikasi politik masih dijalin secara intens dimana Ketua DPD Golkar Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Ketua DPW PKB Sumbar, Febby Dt Bungsu hadir. 

"Iya kita masih melakukan komunikasi ke arah penyatuan visi untuk mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur," kata Alex. 

Tiga partai ini sebenarnya sudah satu visi pada Pilpres 2019 lalu dimana sama-sama mengusung calon presiden Jokowi-Ma'ruf Amin. Untuk nama calon yang akan diusung, menurut Alex masih dalam tahap pembicaraan dengan Golkar dan PKB. 

"Sabar namanya masih kita bicarakan. Pilkada masih lama, masih ada waktu 4 bulan lagi," jelas Alex. Sementara Ketua DPW PKB Sumbar, Febby mengakui bahwa pihaknya menjalin koalisi dengan Golkar dan PDIP untuk mencalonkan pasangan gubernur dan wakil gubernur. "Komunikasi kita sekarang sudah sangat intens. Apalagi, kita sama-sama memiliki satu visi," jelas Febby.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.