05 Desember 2020
Rahmad Mas'ud Ajak Masyarakat Balikpapan Beli Makanan Secara Online
  Bambang Soetiono
  16 April 2020
  • Share :
Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud (Foto: tribunkaltim.co/Siti Zubaedah)

kabargolkar.com, BALIKPAPAN - Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud berharap roda perekonomian tetap berjalan di Balikpapan, khususnya di sektor usaha makanan. Jika sektor ini tetap hidup di masa pandemic virus Corona ini, diyakini, sejumlah sektor lainnya ikut bergerak. Sehingga ia mengajak msyarakat untuk tetap membeli makanan secara online melalui aplikasi ojek online (ojol).

Menurutnya, ini bagian dari gotong royong lawan Corona. Ia mengajak masyarakat Balikpapan tetap beli makanan di warung makan, restoran, khususnya yang UMKM. Bantu mereka agar tetap hidup.

Ia pun prihatin melihat perkembangan saat ini, tak hanya di Balikpapan, pandemi virus Corona melemahkan ekonomi rakyat. Semua sektor mengalami penurunan produktifitas. Bahkan sudah banyak perusahaan yang harus mem-PHK karyawannya.

Rahmad Mas'ud tak ingin situasi ini juga terjadi di Balikpapan, sehingga situasi ini menurut Rahmad, harus diatasi bersama-sama, dengan semangat gotong rotong. Salah satu yang relatif mudah diatasi, menurut Rahmad, adalah sektor UMKM, khususnya usaha kuliner.

Dengan tetap membeli makanan di warung atau restoran, maka otomatis akan menggerakkan sejumlah sektor lainnya. Mulai dari pedagang bahan baku, ojek online dan tentu tetap menghidupkan karyawan rumah makan tersebut.

"Ojek online, jasa gofoodnya akan bergerak. Akan sangat membantu mereka. Kalau sekarang, mereka (driver ojol) mengeluh, tidak ada orderan," kata Rahmad Masud.

Namun, ia pun mengajak pemilik usaha restoran atau warung makan untuk melaksanakan sejumlah prosedur kebersihan. Karena turunnya tingkat penjualan saat ini, alasannya antara lain, karena masyarakat khawatir, penjual makanan tidak standar dalam pengolahan dan penyajian makanan. Sehingga berpotensi membawa virus Corona.

"Wajar saja masyarakat takut, khawatir. Ini harus dijawab dengan upaya melaksanakan prosedur kebersihan. Mulai dari kebersihan bahan baku, pengolahan serta penyajian. Ini harus dijamin bersih," ujar Rahmad Masud.

Ia pun akan menjadikan standar kebersihan usaha restoran ini sebagai aturan resmi yang diterbitkan Pemkot Balikpapan.

"Ayo kita pesan makanan secara online. Karena kita memang diminta di rumah saja. Bagi warung yang belum ada di Gofood atau Grab food, bisa pesan lewat telepon dan pakai jasa gosend. Untuk usaha restoran, harus bersih, agar masyarakat tidak khawatir," katanya. 

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.