18 April 2021
Golkar Sumut Setujui Rizky Yunanda Sitepu, Ini Alasannya
  Nyoman Suardhika
  06 April 2021
  • Share :
Credit / Istimewa

Kabargolkar.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya Provinsi Sumatera (Golkar Sumut) Utara mengaku, sudah menerima surat usulan calon pengganti Wakil Wali Kota Binjai. Dalam waktu dekat ini, DPD akan segera mengirimkan surat persetujuan ke Golkar Kota Binjai.

Adapun sosok yang mengisi kursi orang nomor dua di Pemerintahan Kota Binjai, yakni Rizky Yunanda Sitepu, putra dari mantan Bupati Langkat Ngogesa Sitepu. Rizky Yunanda Sitepu saat ini merupakan anggota DPRD Provinsi Sumut.

"Kita sudah menerima usulan dari Golkar Kota Binjai," kata Sekretaris DPD Golkar Sumut, Datok Ilhamsyah, melalui sambungan telepon genggam, (05/04/2021).

Dalam proses pengiriman surat ini, Ilhamsyah mengatakan, bahwa DPP Golkar sudah menyetujuinya. Ia berharap, Rizky Yunanda Sitepu dapat segera mengisi jabatan sebagai Wakil Wali Kota Binjai. "Secepatnya akan dilakukan, kita berharap agar proses ini dapat segera terlaksana," katanya.

Ketua Partai Golkar Kota Binjai, Noor Sri Syah Alam Putra mengatakan masih menunggu surat persetujuan dari DPD Golkar Provinsi Sumatera Utara. "Kita menunggu surat dari Golkar Provinsi ke Binjai," kata dia, melalui sambungan telepon genggam, Senin.

Ia mengatakan, setelah menerima surat ini, pihaknya bersama dengan partai pengusung lainnya akan mengantarkannya Pemerintah Kota Binjai. Sembari menunggu dilantiknya Amir Hamzah sebagai Wali Kota Binjai, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Wali Kota.

"Ada tiga partai pengusung, Golkar, Demokrat dan PPP. Meminta kepada tiga partai calon wakil wali kota diusulkan dua nama," ucapnya.

Sebelumnya, DPD Golkar Kota Binjai telah melakukan rapat pleno pemilihan calon Wakil Wali Kota Binjai. Dalam rapat ini dibahas terkait penetapan calon wakil wali kota menggantikan Amir Hamzah yang akan menjadi Wali Kota Binjai pascameninggalnya Juliadi.

Satu nama sudah mengerucut mengisi jabatan Wakil Wali Kota Binjai, anggota DPRD Sumut dari Fraksi Golkar, Rizky Yunanda Sitepu. Setelah ditetapkannya Wakil Walikota Binjai ini, DPD Golkar Sumut akan segera mencari nama pengganti Rizky Yunanda Sitepu, untuk mengisi jabatan di DPRD Sumut.

Secara detailnya, pihaknya masih menunggu proses dilantiknya Rizky Yunanda Sitepu, sebagai Wakil Wali Kota Binjai. "Kita masih menunggu, nanti akan dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Rizky Yunanda Sitepu," jelasnya.

Ketua Koordinator Bidang Kepartaian DPD Partai Golkar Sumut, M Hanafiah Harahap mengatakan, nama yang telah diusulkan kabarnya telah mendapat persetujuan dari partai politik pengusung pasangan Juliadi (almarhum)-Amir Hamzah pada Pilkada Binjai 2020 lalu, yakni Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Di DPRD Binjai, Partai Golkar memeroleh enam kursi, Partai Demokrat tiga kursi, dan PPP dua kursi. "Nama yang diusulkan adalah hak dan kewenangan dari wakil wali kota (Amir Hamzah) yang segera diambil sumpah sebagai wali kota. Dan yang bersangkutan sebagai wali kota, mengusulkan nama-nama ke DPRD BInjai dan dipilih di forum paripurna nantinya," ungkapnya.

Sementara adapun mekanisme wakil kepala daerah pengganti ini, tertuang dalam Pasal 176 ayat (1) UU No 10 Tahun 2016 disebutkan bahwa jika wakil gubernur, wakil bupati, atau wakil wali kota berhenti karena meninggal dunia, permintaan sendiri, atau diberhentikan maka pengisian jabatan tersebut akan dilakukan mekanisme pemilihan oleh DPRD setempat berdasarkan usulan dari partai politik.

Diketahui Wali Kota Binjai terpilih, Juliadi meninggal dunia pada 9 Februari 2021 akibat terpapar covid-19. Sehingga pada 26 Februari lalu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi hanya melantik Amir Hamzah sebagai Wakil Wali Kota Binjai. Teranyar pada 5 Maret 2021 Amir Hamzah telah ditetapkan sebagai Plt Wali Kota Binjai.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.