18 April 2021
Wamendag Jerry Sambuaga Nilai Program Food Estate Butuh Sistem Logistik Mumpuni
  Bambang Soetiono
  08 April 2021
  • Share :
Jerry Sambuaga. (Foto: Liputan6.com/Angga Yuniar)

kabargolkar.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah mengembangkan berbagai diplomasi serta revitalisasi perdagangan. Tujuannya adalah terjaminnya ketersediaan kebutuhan masyarakat dengan harga yang wajar serta mengembangkan kerja sama intensif perdagangan yang berdampak multisektor.

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan, diplomasi perdagangan bisa membangkitkan industri nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada gilirannya, menurut Jerry ini bisa turut memberikan kontribusi bagi penguatan pertahanan.

"Kemendag juga ingin agar industri pertahanan Indonesia juga bisa makin baik. Karena itu kami siap mendukung agar pasokan bahan baku dan berbagai hal yang perlu dukungan perdagangan bisa terwujud dengan baik," kata Jerry di Jakarta, Rabu (7/4).

Di samping itu, Kemendag juga mendukung pengembangan food estate yang sedang dijalankan oleh Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Menurut Jerry, food estate harus didukung dengan sistem logistik dan perdagangan yang baik. Tujuannya agar distribusi hasil produksi food estate bisa lancar dan masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan dengan harga yang terjangkau.

"Kita apresiasi dan kita dukung Kemenhan yang sedang mengembangkan food estate. Kemendag tentu juga ingin agar produksi nasional bisa memenuhi kebutuhan domestik seperti beras, jagung, kedelai dan kebutuhan pokok lainnya," ujar Jerry.

Dia yakin bahwa food estate perlu didukung dengan sistem pergudangan, sistem distribusi serta pembayaran yang baik. Maka dari itu, pihaknya mencoba akan mengeksplorasi penerapan sistem resi gudang (SRG) dan sistem digitalisasi pembayaran di kawasan food estate.

Selain itu, Jerry juga berjanji untuk mengajak stakeholder lain seperti sektor perbankan dan pengusaha retail untuk berkolaborasi memanfaatkan pengembangan food estate ini.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.