Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Apresiasi Solo Great Sale 2022, Menperin Agus Gumiwang Dukung IKM Naik Kelas
  Bambang Soetiono   14 Oktober 2022

kabargolkar.com - Kementerian Perindustrian terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong percepatan
pemulihan ekonomi nasional. Salah satu langkah strategisnya adalah membangkitkan gairah usaha para pelaku industri kecil dan menengah (IKM), seperti mendukung kegiatan pameran, termasuk gelaran Solo Great Sale 2022.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik penyelenggaraan eventpariwisata dan ekonomi kreatif Solo Great Sale yang dapat memberikan manfaat kepada para pelaku IKM untuk mempromosikan dan mengembangkan produk-produknya, bahkan memperluas akses pasarnya,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis (13/10).

Menperin berpesan, para pelaku IKM harus memanfaatkan momentum Solo Great Sale yang berlangsung pada 25 September hingga 30 Oktober 2022. Dalam rangka mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut, Kemenperin melaksanaan berbagai kegiatan, antara lain partisipasi pada Pameran BUMN UMKM Great Sale, Bimbingan Teknis Roasting Bagi IKM Kopi di Surakarta, Talkshow Strategi Industri Kecil dan Menengah Naik Kelas, Bimtek WUB IKM Perbengkelan Roda 2 di Jawa Tengah dan Workshop e-Smart IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut (LMEA) di Surakarta.

Berbicara mengenai pemulihan ekonomi nasional, salah satu yang terdampak secara langsung akibat pandemi Covid-19 adalah pelaku IKM yang memiliki peran strategis dan penting dalam menopang perekonomian daerah dan nasional. Maka dibutuhkan peran pemerintah untuk memfasilitasi promosi IKM tersebut. “Untuk itu, Kemenperin turut berpartisipasi menciptakan wadah promosi dan mendongkrak penjualan produk IKM melalui partisipasi pada kegiatan ini,” jelas Agus.

Dalam kegiatan ini, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin melibatkan binaannya dalam Solo Great Sale tahun ini, antara lain Rafi Jaya (Brand Morfby) yang merupakan IKM produk tas ukir handmade, Atmal Footwear (Sepatu dan sandal kulit), Arma Leather & Craft (kerajinan kulit ikan pari), Whiteblue Leather (strap jam kulit, dompet, dan tas kulit), Nichoa Chocolate (cokelat), Mazaraar (keju), dan layanan konsultasi oleh Klinik Kekayaan Intelektual & Klinik Desain Merek dan Kemas Ditjen IKMA.

Penguatan kapasitas SDM dan pengembangan produk menjadi syarat utama untuk dapat menghasilkan produk berkualitas bagi konsumen. Bimbingan Teknis Roasting Bagi IKM Kopi di Surakarta diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan keahlian dan kemampuan SDM IKM Kopi, meningkatkan kualitas produk kopi, mulai dari proses pengolahan hingga pasca-panen, serta dapat memberikan nilai lebih dan dapat menjadi pembeda dari produk kompetitor untuk bersiap menghadapi persaingan global.

“Semoga kegiatan ini bisa memberikan hasil yang positif bagi pengembangan dan pertumbuhan IKM Kopi di Indonesia terutama di Kota Surakarta,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), Reni Yanita.

Sebagai strategi agar IKM naik kelas, Kemenperin turut menginisiasi pendirian sarana pendidikan dan pengembangan yang ditujukan untuk industri kreatif subsektor fesyen dan kriya melalui Bali Creative Industry Center (BCIC). Salah satu kegiatan unggulannya adalah penumbuhan wirausaha kreatif baru (start-up company) yang bergerak di industri kreatif subsektor fesyen dan kriya melalui Creative Business Incubator (CBI)

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.