07 Desember 2021
DPN MPI Sambut Baik Kemitraan Startegis Dengan PT ANTAM Tbk
  Nyoman Suardhika
  20 November 2021
  • Share :
Credit Photo / Istimewa

Kabargolkar.com - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Masyarakat Pertambangan Indonesia (MPI) menyambut baik pasca penandatangan kerjasama dan kemitraan strategis dengan PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Dalam pertemuan di kantor Pusat PT Antam Tbk Jalan TB Simatupang Jakarta selatan, Jumat (19/11/2021) ini, DPN MPI diterima langsung Oleh direktur SDM PT Antam Tbk Bapak Luki Setiawan Suardi dan direktur Legal PT Antam Tbk yakni Bapak Yulan Kustiyan,SH .

Sementara perwakilan MPI dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) M. Tayeb Demara. Dalam pertemuan tersebut menghasilkan beberapa poin kerjasama secara garis besar yakni pertama kerjasama dalam bidang pembinaan usaha UMKM masyarakat sekitar tambang, kedua, kerjasama dalam bidang pertambangan kaitannya dengan join teknis pengolahan pertambangan di lapangan yang mencakup; joint pengangkutan, join kelola lahan pertambangan, dan juga join investasi, dan lain-lain.

''MPI telah resmi menjadi Mitra PT. Antam Tbk dalam mengawal potensi dan tata kelola industri pertambangan yang saat ini dan akan datang khususnya sektor investasi dan kerjasama produksi dan bisnis runutan pertambangan. Ini lagi-lagi demi hadirnya kesamaan hak dan tanggung jawab sebagai anak bangsa Indonesia yang terus berbuat dan terus bekerja sama yang baik dalam mewarnai keragaman anak bangsa Indonesia,'' Terang Tayeb Demara dalam rilisnya yang kami terima, Sabtu (20/11/2021) siang.

Pada pertemuan yang juga dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Rusmin Abdul Gani beserta Sekretaris Jamaludin Banasiu,SE dan Bendahuru Umum Fatmayani Tombili, ini kedua lembaga saling memberikan masukan terkait langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan kedepan agar kelembagaan PT Antam Tbk bisa berjalan lebih baik dan lebih kompetitif. Problem selama yang ini yang terjadi dalam dunia pertambangan kaitannya dengan kesenjangan ekonomi masyarakat sekitar tambang dan dampak lingkungan.

Kedua pihak sepakat untuk saling memberikan masukan dan memberikan solusi. Untuk mencapai itu semua dengan baik maka diperlukan kerjasama yang strategis yang saling menguntungkan guna menjaga kondusifitas pengelolaan pertambangan yang sehat.

''Bung Luki Setiawan Suardi selaku diretur SDM PT. Antam Tbk menyambut baik kedatangan lembaga DPN MPI. Beliau sangat senang mendapat kunjungan kami Pengurus DPN MPI. Bung Luki Setiawan suardi didampingi dengan tim legal Bung Yulan Kustiyan,SH. Pada pertemuan tersebut sekali lagi direktur SDM menjamin bahwa dalam 1 bulan kedepan MPI dan PT antam Tbk akan mengkongkritkan kerjasama dalam bentuk Nota Kesepahaman Bersama (MOU),'' Sambung Tayeb Demara meyambung keteranganya.

Rangkul Pengusaha Lokal Berdayakan Masyarakat Lingkar Tambang

Kaitannya dengan pemberdayaa Masyarakat di lingkar wilayah pertambangan untuk bisa berpatisipasi, Sekretaris Jenderal DPN MPI Tayeb Demara menyambut baik sikap PT Antam Tbk yang sangat terbuka bagi kelompok masyarakat yang mau ikut andil bekerjasama dengan PT Antam Tbk dalam hal penguatan pengolahan tambang yang ada di Indonesia.

''Sebagai bentuk komitmen bersama juga menjaga rasa kepedulian untuk meningkatkan nilai SDM disekitar Lingkar Tambang, dalam hal kaitannya pemberdayaan kualitas Manusia, adalah sudah akan menjadi komitmen bersama antara MPI dan PT Antam Tbk. Ini sekaligus sebagai sarana dari Kami meberikan keterbukaan informasi kepada khalayak umum,'' Terang Pria yang juga aktif di Ormas PPK Kosgoro 1957 ini.

Terakhir, lanjut Putra Daerah aseli Wawonii Konawe Kepulauan tersebut, adalah upaya tata kelola sumber daya manusia dalam merangkul pengusaha pengsuaha lokal di lingkar pertambangan PT ANTAM Tbk di seluruh Indonesia, khususnya dalam hal ini yang berada di sekitar Provinsi Sulawesi Tenggara.

''PT Antam Tbk akan merangkul dan memeberikan yang terbaik kepada pengusaha lokal dan memberikan edukasi pertambangan kepada seluruh khalayak dalam pelayanan dan peningkatan produksi pertambangan Indonesia demi terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia. Penambang jaya, ekonomi bangkit, rakyat sejahtera,'' Pungkas Alumnus Universitas Muhammadiyah Malang tersebut.
Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.