28 Oktober 2020
RAKOREG DPP HWK 2020, Siap Kontribusikan Nilai Nilai Baru Untuk Kemajuan Bangsa
  Nyoman Suardhika
  15 Oktober 2020
  • Share :
Credit Photo / Istimewa

Kabargolkar.com - Dewan Pimpinan Nasional (DPP) Himpunan Wanita Karya (HWK) telas sukses menggelar Rapat Koordinasi Regional dua wilayah secara vitual selama dua hari berturut turut, pada sesi hari pertama terselenggara bersama Regional Timur di hari Sabtu (10/10/2020), serta keesokan harinya giliran Regional Bagian Barat, Minggu (11/10/2020).

Dalam kesempatan ini Ketua Umum DPP HWK Ir. Dany Soedarsono berharap dengan diselenggarakannya pelaksanaan Rakoreg di dua wilayah regional Barat dan Timur ini, adalah untuk menjawab tantangan kesiapan bagi HWK dalam menyambut tatanan kebiasan baru yang saat ini menjadi skala perioritas dalam sendi sendi pergaulan nasional dan global, seperti yang diketahui lahirnya atau kejadiran perkembangan Industri 4.0 ditambah dengan musibah Pandemi yang kedatangannya tidak kita hapakan bersama, ini telah memaksa kepada pandangan bagi Kita semua untuk bisa berpartisipasi sekaligus berkontribusi menjawab tantangan ini.

" Hari ini kita berkumpul di sini dalam rangka berbicara tentang bagaimana HWK bisa sukses dalam memasuki Era Kebiasaan Baru, sebagai upaya untuk menggairahkan dan menghidupkan serta membawa organisasi ke arah perubahan untuk kemajuan. Sesuai dengan Tema RAKOREG DPP HWK Tahun 2020, yaitu "Pengembangan Nilai Nilai HWK di Era Kebiasaan Baru untuk Kemajuan Perempuan dan Bangsa Indonesia". Tema ini tidaklah eksklusif milik HWK, akan tetapi setiap organisasi di manapun berada akan berhadapan dengan kenyataan dan tantangan ini. Sungguh Era Kebiasaan Baru yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini merupakan ujian dan cobaan yang berat, dimana setiap sendi kehidupan masyarakat dewasa ini terkena akibat wabah korona dan dampaknya telah menerpa seluruh sektor kehidupan berbangsa dan bernegara,'' Tutur Dany Soedarsono dalam pembukaan pada sesi rapat dihari pertama dengan perwakilan Anggota DPD HWK regional Timur, Sabtu (10/10/2020).

Selain masalah kesehatan akibat korona, juga sekarang pelan tapi pasti hadir pula masalah sosial, ekonomi, pendidikan, dan politik telah semakin menambah kompleks persoalan yang ada. Apalagi sampai saat ini belum ditemukan vaksin atau obat untuk penyembuhan bagi yang terinfeksi Covid-19. Karenanya dalam rangka menjawab situasi dan kondisi yang terjadi, maka Tatanan Era Kebiasaan Baru harus dipandang sebagai transformasi perilaku masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol yang telah ditetapkan sampai ditemukannya vaksin untuk menangkal Covid-19.

HWK sebagai aset bangsa harus mampu mengkontribusikan nilai-nilai baru untuk kemajuan bangsa. Karena itu HWK harus dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam membangun komunikasi efektif dengan semua pihak, terutama komunikasi antara Pusat dan Daerah, sehingga semua program yang dijalankan organisasi dapat disinergikan dengan kebijakan yang ada.

" Sinergi ini tentunya akan membawa kita semakin kompak dalam membangun ke arah yang kita inginkan. Dengan hadirnya Era Kebiasaan Baru telah memaksa kita untuk mampu melakukan penyesuaian diri dengan cepat, apalagi dewasa ini adalah zaman serba digitalisasi dan otomatisasi (Revolusi Industri 4.0). 
Maka Tatanan Era Kebiasaan Baru harus dipandang sebagai transformasi perilaku masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan menerapkan protokol Kesehatan yang telah ditetapkan sampai ditemukannya vaksin untuk menangkal Covid-19. HWK sebagai aset bangsa harus mampu mengkontribusikan nilai-nilai baru untuk kemajuan bangsa, '' Tegasnya.



Transformasi ke Digital

Sebagaimana diketahui bersama dampak dari adanya peralihan ke Industri 4.0 dan berkembangnya pula perangakt Internet of Things (IoT) yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari hari mau tidak mau harus manjadi perangkat kita bersama, hal ini juga menjadi bagian dari paparan yang dikemukakan oleh DPP HWK dalam Rakoreg kali ini. Menurut Dany Soedarsono, Era Kebiasaan Baru dan semakin terbiasa menghadapi kemajuan Teknologi Digital, dan kemampuan kita untuk mampu terus belajar berbasis Ilmu Pengetahuan Moderen.

" Saya yakin seluruh pengurus HWK sudah terbiasa menggunakan teknologi seperti yang saat ini sedang kita jalankan. Kita butuh Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang membuat kita bisa melompat dan mampu menghadapi perubahan zaman. Tantangan kita ke depan adalah bagaimana kita mampu membuat kelemahan dan kekurangan menjadi kekuatan dan keunggulan. Bagaimana membuat keterbatasan menjadi keberlimpahan. Bagaimana mengubah kesulitan menjadi kemampuan. Serta bagaimana mengubah tidak berharga menjadi bernilai untuk masyarakat dan bangsa, '' Pungkas Dany Soedarsono

Acara Rakoreg DPP HWK ini dilaksanakan secara Virtual mengingat masih adanya pademi Covid-19, juga masih adanya pembatasan sosial berskala besar atau PSSB yang masih diberlakukan di beberapa Daerah di tanah air. Tampak hadir dalam Rapat Koordinasi Regional Tahun 2020 ini, Ketua Umum DPP HWK Ir. Dany Soedarsono dan Sekretaris DPP HWK Enita Adyalaksmita, SH, MH. Serta Ketua Panitia Pengarah Rakoreg DPP HWK Dra. Tri Iriastuti. MH, Ketua Panitia Pelaksana Rakoreg DPP HWK Ir. Lucia Ambar Soerawan, Ketua Bidang Kajian Strategis dan Politik DPP HWK Corry Y. Soekotjo, M.Si, dan Ketua Bidang Pendidikan dan Pengkaderan DPP HWK Dra. Truly Sutrasno, M.Psi.


Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.