28 Oktober 2020
Soroti Gelaran Pilkada, Jusuf Kalla Minta KPU Tunda Pilkada 2020 hingga Vaksin Corona Ditemukan
  Nyoman Suardhika
  19 September 2020
  • Share :
Credit Photo / Republika

Kabargolkar.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla menyoroti gelaran Pilkada Serentak 2020 yang masih digelar di tengan pandemi corona yang belum diketahui kapan berakhirnya. JK menyarankan agar Pilkada 2020 diundur setidaknya sampai vaksin corona ditemukan.

"Saya sarankan ditunda dulu (Pilkada) sampai beberapa bulan, sampai dengan vaksin ditemukan dan sampai vaksin ditemukan nanti langsung menurun itu," kata JK di sela-sela acara donor darah di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (19/9).
 
Menurut Ketua PMI itu, Pilkada Serentak 2020 harus diundur karena kegiatan-kegiatan kampanye berpotensi mengumpulkan kerumunan massa, sekalipun sudah diberikan batas maksimal peserta yang hadir.
 
Sekalipun KPU telah membuat aturan-aturan pembatasan, tetap saja pelaksanaan kampanye dan pemungutan suara berpotensi untuk tidak dipatuhi.

"Saya kira KPU harus membikin syarat-syarat berkumpul atau apa. Kalau terjadi pelanggaran syarat-syarat, katakanlah kampanye hanya 50 tapi terjadi 200, kalau terjadi kecenderungan itu ya lebih baik dipertimbangkan kembali waktunya," tutur JK.
 
Usulan pengunduran waktu Pilkada ini menurutnya sangat mungkin dilakukan. Sebab, banyak pejabat petahana yang masa jabatannya akan berakhir tahun depan.
 
Jika masa jabatan berakhir sebelum pilkada digelar, maka bisa ditunjuk pejabat sementara untuk menggantikan tugas-tugas kepala daerah.
 
"Toh banyak wali kota dan bupati yang sebenarnya dia diganti pada tahun depan. Jadi sebenarnya tidak apa-apa dari segi pemerintahan, bisa ditutup dengan pejabat," ucap JK.

"Kalau memang sulit dan ternyata susah untuk mencegah perkumpulan orang hanya 50 sesuai aturan yang dikeluarkan oleh masing-masing gubernur, maka lebih manfaat ke masyarakat itu bisa ditunda pilkada," tandasnya.
Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.