26 Juli 2021
Ini Tiga Pesan Penting dari Menko Luhut dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
  Nyoman Suardhika
  21 Juli 2021
  • Share :
Credit Photo / Tribunews

Kabargolkar.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan akhirnya angkat bicara terkait kritikan terhadap dirinya, terutama selama menangani kasus Covid-19 dengan kebijakan PPKM Darurat Jawa-Bali. 

Menko Luhut mengatakan, bahwa setiap proses pengambilan keputusan dan perencanaan dalam penanganan pandemi COVID-19 selalu melibatkan banyak pihak, termasuk berbagai kampus daerah di Indonesia. 

“Ini semua, kami mendengarkan banyak orang. Kami mendengarkan guru besar Fakultas Kedokteran UI, asosiasi profesi kedokteran, Universitas Airlangga, UGM, dan lainnya,“ kata Menko Luhut dalam keterangan pers, Selasa (20/7/2021). 

Menko Luhut menegaskan, dalam situasi saat ini ada beberapa hal yang secara garis besar yang perlu diketahui dan dipahami oleh publik. 

Pertama, ialah terkait dengan penanganan di hulu, yakni diperlukannya dukungan masyarakat, dan hal ini menjadi  kunci. 

“Ini kita dorong bagaimana masyarakat bisa patuh pada protokol kesehatan. Saya tidak minta 100 persen, kalau 60 persen saja sudah luar biasa,“ ujar Menko Luhut. 

Kedua, adalah terkait dengan kebutuhan serta pemenuhan oksigen, obat, tenaga kesehatan (nakes), tempat tidur, serta vaksinasi. 

Ketiga,  ialah pengetahuan tentang jenis virus delta atau COVID-19. “Di tengah ini relatif bisa kita kendalikan. Masalah rumah sakit atau tempat tidur sekarang kita bangun, di Jakarta saja 3.500 atau lebih dan seluruh kota-kota besar sekarang kita bangun tempat-tempat karantina dan pengobatan-pengobatan di ICU,“ ungkap Menko Luhut. 

Lebih lanjut, Menko Luhut menekankan, bahwa pemerintah akan terus berupaya semaksimal mungkin memberikan yang terbaik dalam penanggulangan pandemi ini. 

“Percayalah kita bikin yang terbaik, kita bisa lakukan. Pasti ada kurangnya tapi dengan masukan teman-teman sekalian saya sangat apresiasi sekali,“ tutup Menko Luhut.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.