Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Pernah Bekerja di Lapas Kelas I Tangerang, Senior Golkar ini Bicara Banyak soal Tata Kelola Lembaga Pemasyarakatan
  Nyoman Suardhika   09 September 2021
Credit Photo / Tribunnews
dan relevan untuk menjadi perhatian lagi hari hari ini imbas dari peristiwa yang terjadi di Lapas Kleas 1 Tangerang tersebut, di antaranya permasalahan di Lapas harus didekati secara legal dan faktual dan yang tidak boleh dilupakan adalah keberadaan narapidana yang meskipun dihilangkan kemerdekaannya, tetapi merupakan manusia yang tetap memiliki hak-hak dan kebutuhan-kebutuhan manusiawinya,'' Tegas Kang Agun


Masih dalam penjelasannya, Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Depinas SOKSI ini mengulas landasan teoritis maupun yuridis soal hak Narapidana yang diatur dalam Undang Undang.


''Secara teoritis, narapidana adalah terpidana yang menjalani pidana hilang kemerdekaan di Lapas (pasal 1 angka 7 UU RI No. 12/1995 Tentang Pemasyarakatan). Narapidana tetap manusia biasa yang memiliki kebutuhan, yang hakikatnya sebagai manusia yang manusiawi dan memiliki hak, di antaranya hak mendapat perawatan, baik perawatan rohani maupun jasmani; hak mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak (Pasal 14 ayat (1) huruf b dan d UU 12/1995 Tentang Pemasyarakatan),'' Terang Pria yang pernah mengenyam pendidikan Pasca Sarjana Kriminologi Universitas Indonesia ini.


Menutup keterangannya, Kang Agun membrikan perhatian kepada pemerintah khususnya Kementerian Hukum dan HAM untuk bisa membuka detail soal terjadinya peritiwa ini, minta dibuka soal kronologis akan peristiwa kebakaran lapas kelas 1 tangerang dan penyampaiannya ke masyarakat supaya bisa terbuka jelas.


'' Ini Saya mengusulkan untuk dijelaskan kronologisnya, disertai lokasi dan sarana prasarannya. Secara jujur. Pasti Publik Menerimanya. Tidk jadi riuh, perdebatan di publik,'' Pungkas Agun Gunandjar Sudarsa.


Melansir laman tribunnews, Kamis (9/9/2021) siang tadi, saat ini petugas Kepolisian membeberkan asal mula api yang membakar Lapas Kelas I Tangerang hingga menewaskan 41 narapidana (napi).


Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, pihaknya sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).


Dalam olah TKP, pihak kepolisian melibatkan Tim Inafis dari Polda Metro Jaya maupun Bareskrim Polri. Kepolisian juga melibatkan Puslabfor Bareskrim Polri dalam mencari penyebab kebakaran.


Saat ini kata Ade, hasil olah TKP Puslabfor Polri belum keluar. Namun begitu, hasil temuan sementara diduga kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik.


Dari hasil olah TKP, pihak kepolisian membawa sejumlah barang bukti, antara lain kabel-kabel, beberapa alat listrik, dan saluran instalasi.


 

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.