08 April 2020
DPR Mendorong Pemerintah, OJK dan Perusahaan Terus Berkomunikasi Perihal Relaksasi Kredit Leasing
  Nyoman Suardhika
  26 Maret 2020
  • Share :
credit Photo /FB

Kabargolkar.com - Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Anetta Komarudin meminta agar perusahaan pembiayaan mendukung imbauan pemerintah untuk memberi keringanan kepada debitur untukmengangsur cicilan kendaraan bermotor. Hal tersebut seiring dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang memberikan kelonggaran dan relaksasi kredit bagi industri keuangan non-bank berupa penundaan cicilan hingga satu tahun serta penurunan bunga.

"Kebijakan relaksasi ini perlu diikuti tindakan-tindakan konkret yang mengikat seperti penyusunan mekanisme yang jelas, sehingga memberikan kepastian bagi debitur. Bukan hanya itu, lembaga pembiayaan juga perlu segera mengidentifikasi debitur yang secara ekonomi terdampak COVID-19. Misalnya, pengendara ojek online dan sopir taksi yang mengalami penurunan pendapatan akibat physical distancing," ujar Puteri lewat siaran persnya yangkami terima rabu malam (25/3/2020)

Secara rinci, OJK memberikan relaksasi bagi multifinance melalui penundaan pembayaran untuk pembiayaan yang berkaitan dengan skema chanelling dan joint financing yang berkaitan dengan perbankan. Selain itu, metode executing antara perusahaan pembiayaan yang mendapatkan kredit dari perbankan akan dilakukan mekanisme restrukturisasi sebagaimana diatur dalam POJK Nomor 11/POJK.03/2020.

Puteri Komarudin juga mendorong agar Pemerintah, OJK, dan Perusahaan Pembiayaan untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi dalam penerapan peraturan tersebut sehingga memberikan manfaat bagi semua pihak. Puteri juga menekankan pentingnya tindakan pengawasan dalam implementasi kebijakan stimulus tersebut.

“Pengawasan di lapangan perlu ditingkatkan untuk mengantisipasi penyalahgunaan penagihan angsuran, apalagi hingga melibatkan tindak kekerasan. Pemerintah dan OJK harus menyiapkan mekanisme pengaduan apabila ditemukan lembaga pembiayaan yang masih menagih dengan melibatkan debt collector,” ungkap Puteri.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Kabar Golkar. All Rights Reserved.