Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Menko Airlangga: Indonesia Telah Kembali Menjadi Negara Pendapatan Menengah Atas
  Irman   16 Februari 2022
Menko Airlangga: Indonesia Telah Kembali Menjadi Negara Pendapatan Menengah Atas

Kabargolkar.com - Pemerintah menilai Indonesia telah kembali sebagai negara dengan pendapatan menengah ke atas. Hal ini terlihat dari jumlah Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang tercatat melampaui capaian sebelum pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2021 mencapai 3,7 persen secara year on year. PDB per kapita Indonesia naik setara dengan USD4.349 atau sekitar Rp 62,2 juta.

Sementara itu, PDB per kapita Indonesia sebelum pandemi tercatat Rp 59,3 juta pada 2019 lalu. Hal ini membuat Menko Airlangga optimistis pemulihan ekonomi sedang terjadi.

"Artinya kita sudah kembali kepada upper middle income country. Pencapaian tersebut tentu merupakan fondasi yang penting untuk pemulihan ekonomi," katanya dalam webinar Dentons HPRP, Rabu (16/2).

Akan tetapi, lanjutnya, Indonesia masih menghadapi tantangan middle income trap pada 2035 mendatang. Salah satu solusinya, adalah dengan melakukan reformasi struktural.

"Kita perlu terus melakukan reformasi struktural agar kita bisa keluar dari jebakan middle income trap di tahun 2035," katanya.

Dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional dan penanganan Covid-19, pemerintah menggelontorkan dana PEN sebesar Rp 455,62 triliun dengan 3 kluster yang dilanjutkan. Yakni klaster kesehatan sebesar Rp 122,5 triliun, perlindungan masyarakat sebesar Rp 154,8 triliun dan cluster penguatan pemulihan ekonomi sebesar Rp 178,3 triliun.

"Pemerintah terus optimis bahwa pertumbuhan ekonomi dapat dicapai di 5,2 persen di 2022," katanya.

Bersama AS dan China, Ekonomi RI Disebut Telah Kembali ke Era Sebelum Pandemi

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu mengatakan, Indonesia masuk jajaran negara yang ekonominya telah kembali ke level pre pandemi. Negara yang ekonominya telah kembali ke level pre pandemi adalah Singapura, Indonesia, Amerika Serikat, Korea Selatan dan China.

"Perekonomian Indonesia tercatat menjadi salah satu yang sudah pulih di 2021," kata Febrio dalam Taklimat Media, Jumat (10/2)

Febrio mengatakan, predikat ini diperoleh Indonesia dengan didukung oleh kebijakan pengendalian pandemi. Selain itu, pengendalian pandemi juga diikuti okeh pertumbuhan ekonomi yang berkualitas disertai penerapan kebijakan ekonomi yang efektif.

Sementara itu, di lain sisi masih banyak negara yang belum mampu keluar dari jebakan pandemi. Beberapa negara yang belum kembali ke level pre pandemi adalah Filipina, Meksiko, Italia, Jerman dan Perancis.

Febrio menambahkan, melihat dari masa-masa krisis pada tahun sebelumnya, kebangkitan ekonomi memakan waktu tiga hingga empat tahun. Namun untuk pandemi Virus Corona, Indonesia hanya butuh 1,5 tahun untuk perlahan bangkit.

"Pada krisis 1998 itu kita butuh 3 hingga 4 tahun untuk keluar dari krisis. Pandemi Corona kita butuh 1,5 tahun. Di mana pada 2021 sudah terlihat pemulihan," katanya. (merdeka.com)

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.