Kabar NasionalKabar DaerahKabar ParlemenKabar Karya KekaryaanKabar Sayap GolkarKagol TVKabar PilkadaOpiniKabar KaderKabar KabarKabar KabinetKabar UKMKabar DPPPojok Kagol Kabar Photo
KABAR KADER
Share :
Imbauan Politik Santun Airlangga Hartarto, Kukuhkan Nilai Kebangsaan
  Irman   21 Februari 2023
Ketua Umum DPP Partai Golkar selaku Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) mewakili pemerintah, menghadiri Rapat Pleno antara Baleg DPR dan Pemerintah terkait Perppu Cipta Kerja, Gedung DPR RI Senayan, Rabu, 15 Februari 2023. (

Kabargolkar.com - Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo, Surokim Abdussalam mengapresiasi langkah sejumlah ketua umum (ketum) partai yang mendorong politik santun. Salah satunya adalah Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan semangat partainya untuk mengedepankan politik yang santun dan damai.

Menurut Surokim, sudah semestinya semangat untuk menjaga stabilitas bernegara menjadi roh jelang tahun politik.

"Di atas kepentingan kontestasi politik, semangat untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas harus menjadi roh dan semangat utama dari kegiatan para politisi," ujar Surokim kepada wartawan, Senin (20/2/2023).

Diketahui, belakangan Partai Golkar dikunjungi sejumlah elite politik dari Partai Nasdem, PKS dan PKB. Dalam kunjungan tersebut, Airlangga selalu mengajak bersama para elite parpol yang berkunjung, agar mengedepankan politik santun dan damai. Menurut Airlangga, hal tersebut untuk menjaga kestabilan politik dan menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Bagi kita di Golkar, hal ini diimplementasikan dengan politik yang santun, politik yang damai, politik yang di tengah. Tidak di kiri, tidak di kanan. Kita berada di tengah. Kita perjuangkan NKRI, kita perjuangkan kesejahteraan rakyat,” kata Airlangga.

Menurut Surokim, politik kebangsaan dan keindonesiaan harus menjadi penyemangat Pemilu. Dia menegaskan bahwa polarisasi masih menjadi ancaman, apalagi di zaman "demokrasi digital".

“Perkembangan demokrasi digital dan keswadayaan netizen membuat politik bisa menjadi kian bebas, liar, tak terkendali, dan jika ini dihubungkan dengan tantangan ke depan maka diperlukan politik jalan tengah, yang bisa menguatkan semangat kebangsaan dan semangat persatuan sebagai bangsa,” jelas Surokim.

Tahun politik kali ini menjadi lebih menantang karena ada potensi resesi ekonomi negara-negara besar dunia, yang mungkin berimbas ke dalam Indonesia.

“Sejauh ini potensi untuk politik sekadar berbeda selalu lebih mengedepan, sementara tantangan ke depan terkait potensi resesi ekonomi dunia cukup mengkhawatirkan,” tandas Surokim.

Sementara itu, Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Firman Manan menilai pesan "politik yang beretika" yang disampaikan Ketum Golkar Airlangga bisa dimaknai secara eksternal dan internal.

Secara eksternal, pesan itu bisa diartikan ditujukan untuk seluruh warga bangsa, dari para pemilih hingga para elite politik.

"Karena ini tahun politik maka konteksnya memang terkait dengan persiapan menjelang Pemilu 2024, terutama Pilpres 2024," terang Firman.

Menurutnya, hal itu berkaitan dengan pengalaman di dua pemilu sebelumnya yakni 2014 dan 2019 yang sarat isu politik identitas, SARA, dan hingga terjadi pembelahan ekstrem di tingkat akar rumput.

"Jadi saya pikir, satu, membaca konteksnya Pak Airlangga ya tentu bicara etika politik dalam kontestasi menjelang Pemilu 2024," tambahnya.

Firman mengungkapkan pesan itu juga bisa dibaca sebagai pengingat untuk kader internal Golkar. Untuk berpolitik dengan cara-cara yang baik, santun, dan mengedepankan nilai demokrasi, dan itu tidak hanya berlaku untuk eksternal Partai Golkar. Pesan itu bisa jadi dialamatkan untuk internal Golkar dalam menjalankan roda organisasi.

"Saya pikir pesan itu juga ke internal Golkar. Bahwa secara internal, dalam berpartai itu harus menggunakan politik yang beretika," pungkas Firman. (beritasatu.com)

Kabar Golkar adalah media resmi Internal Partai Golkar. kami memberikan layanan media online, media monitoring dan kampanye digital politik untuk Partai Golkar dan seluruh kadernya.
About Us - Advertise - Policy - Pedoman Media Cyber - Contact Us - Kabar dari Kader
©2023 Kabar Golkar. All Rights Reserved.